KENDALA GURU DALAM PELAKSANAAN PENILAIAN PORTOFOLIO PADA KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR

  • Nur Latif Gita Romadhon Bobosan RT 10 RW 03 Kecamatan Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas
  • Sony Irianto Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Subuh Anggoro Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Keywords: teacher constraints, portfolio assessment, curriculum 2013

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kendala-kendala yang dialami oleh guru dalam pelaksanaan penilaian portofolio pada kurikulum 2013 di sekolah dasar. Penelitian ini berjenis kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru kelas IV di tiga SD yaitu SD Negeri Karangsalam, SD Negeri 1 Beji, dan SD Negeri Karangnangka. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif yang terdiri dari reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan yaitu dengan tirangulasi teknik yang membandingkan hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) waktu penilaian atau proses portofolio yang cukup panjang; 2) banyaknya aspek yang harus dinilai; 3) keaktifan siswa yang masih rendah; 4) masih adanya siswa yang masa bodoh dengan pembelajaran yang diberikan oleh guru.

Kata Kunci: kendala guru, penilaian portofolio, kurikulum 2013

References

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Diakses di http://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wp-content/upload/2016/08/UU_no_20_th_2003.pdf
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Diakses di http://bsnp-indonesia.org/wp-content/upload/2009/09/Permendikbud_Tahun2016_Nomor023.pdf
Sani, Ridwan Abdullah. (2016). Penilaian Autentik. Jakarta: Bumi Aksara.
Sujiono, Yuliani Nurani. (2010). Mengajar dengan Portofolio. Jakarta: Indeks.
Fadlillah, M. (2016). Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTs, & SMA/MA. Yogyakarta: Ar-Ruzz.
Kusaeri. (2014). Acuan & Teknik Penilaian Proses & Hasil Belajar dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Published
2019-10-27
How to Cite
Romadhon, N. L., Irianto, S., & Anggoro, S. (2019). KENDALA GURU DALAM PELAKSANAAN PENILAIAN PORTOFOLIO PADA KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(2), 181-188. https://doi.org/10.12345/lentera.v12i2.288
Section
Article