Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Menggunakan Alat Peraga Science Education Quality Improvement Project (Seqip) Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Sripendowo Lampung Timur TP 2019/2020

  • Sukamti Sukamti SDN 3 Sripendowo Lampung Timur

Abstract

Siswa kelas IV SDN 3 Sripendowo dalam mempelajari IPA belum mencapai ketuntasan, hal ini terlihat dari hasil belajar siswa selama ini belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal mata pelajaran yang telah ditetapkan dalam kurikulum sekolah. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan alat peraga Science Education Quality Improvement Project (seqip) dalam meningkakan aktivitas dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa Kelas IV SDN 3 Sripendowo Lampung Timur Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 3 Sripendowo Lampung Timur. Pelaksanaan penelitian pada September sampai dengan November 2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga Science education quality improvement project (Seqip) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada siswa kelas IV SDN 3 Sripendowo Lampung Timur Tahun Pelajaran 2019/2020.

References

Abdurrahman. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: PT Balai Pustaka.
Aqib, Zainal. (2009). Belajar dan Pembelajaran Sekolah Dasar. Bandung: Yrama Widya.
Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; dan Supardi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Bumi Aksara.
Arsito, R. (2004). Media Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.
Dimyati, Mujiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Dirjen Dikdasmen. (2003). Media Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.
Grafindo Persada
Hamalik, Oemar. (2004). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Herpratiwi. (2009). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Lapono. (2008). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikti Departemen Pendidikan Nasional.
Latuheru, John D. (2001). Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar-MengajarMasa Kini. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Sagala, Syaiful. (2005). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sardiman, A.M. (2004). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sriwidarti. (2007). Nuansa Pendidikan.Vol.V No.5.LPMP Lampung.
Suparman, Atwi. 2005. Desain Instruksional. Jakarta: PAU-PPAI Universitas. Terbuka.
Wardani. (2003). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Winkel, W. S. (2004). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Zainal, Aqip. (2009). Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Bandung: Yrama Widya.
Published
2021-11-11
How to Cite
Sukamti, S. (2021). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Menggunakan Alat Peraga Science Education Quality Improvement Project (Seqip) Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Sripendowo Lampung Timur TP 2019/2020. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 3(2), 131-146. https://doi.org/10.52217/pedagogia.v3i2.988
Section
Articles