https://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/elastisitas/issue/feedJURNAL ELASTISITAS: Kajian Pendidikan Ekonomi, Ilmu Ekonomi, dan Kewirausahaan2022-07-13T06:31:09+00:00Open Journal Systems<p>JURNAL ELASTISITAS: Kajian Pendidikan Ekonomi, Ilmu Ekonomi, dan Kewirausahaan</p> <div class="pkpFormField__heading"><label class="pkpFormFieldLabel" for="masthead-printIssn-control">Print ISSN: 2685-1318</label></div> <div class="pkpFormField__heading">Online ISSN: 2723-2247</div> <div class="pkpFormField__control"> </div>https://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/elastisitas/article/view/772UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MELALUI PEMANFAATAN E-LEARNING2022-07-13T06:04:49+00:00Ilham Junandailhamjunanda12@gmail.comPujiati Pujiatiilhamjunanda12@gmail.comWidya Hestiningtyasilhamjunanda12@gmail.comAlbet Maydiantoroilhamjunanda12@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar melalui pemanfaatan <em>e-learning</em>. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif verikatif dengan pendekatan <em>ex post facto</em> dan <em>survey</em>. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi dan kuisioner. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Baradatu pada siswa kelas X dan XI IPS. Populasi yang terlibat sebanyak 227 siswa. Teknik <em>sampling</em> yang digunakan yaitu <em>probability sampling</em> dengan sampel berjumlah 145 siswa. Hasil perhitungan analisis regresi linier sederhana mengenai pengaruh pemanfaatan <em>e-learning </em>terhadap prestasi belajar, ditemukan fakta bahwa pemanfaatan <em>e-learning </em>berpengaruh terhadap Prestasi Belajar</p>2022-07-13T00:00:00+00:00Copyright (c) 2021 https://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/elastisitas/article/view/773PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI PADA PESERTA DIDIK MAN 1 PESAWARAN2022-07-13T06:31:09+00:00Septia Fatramal Fazaseptiafaza09@gmail.comWayan Satria Jayawayan.satria@stkippgribl.ac.idNurdin Hidayatnurdinstkippgribl@gmail.com<p>Masalah dalam penelitian di MAN 1 Pesawaran adalah masih rendahnya hasil belajar, pembelajaran yang masih berpusat pada guru (<em>teacher centered)</em>, masih minimnya interaksi antar siswa dalam belajar dan proses pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran <em>role playing</em> yang belum diterapkan di MAN 1 Pesawaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran <em>role playing</em> terhadap hasil belajar ekonomi pada peserta didik kelas X.IPS semester genap MAN 1 Pesawaran tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan strategi pembelajaran <em>role playing. </em>Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X.IPS yang berjumlah 110 siswa, sampel terdiri dari kelas X.IPS 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 36 orang dan X.IPS 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 36 orang. Pengujian hipotesis menggunakan rumus statistik t<sub>test</sub><em>.</em> Berdasarkan pengujian homogenitas varians kedua sampel didapat F<sub>hit </sub>< F<sub>daf</sub> yakni 1,46<1,80 dan uji normalitas data yang diperoleh dari kelas eksperimen X<sup>2</sup><sub>hit</sub> = 3,48 dan kelas kontrol X<sup>2</sup><sub>hit</sub> = 2,76, dimana X<sup>2</sup><sub>daf</sub> = 7,81 dimana nilai X<sup>2</sup><sub>hit</sub> < X<sup>2</sup><sub>hit</sub>. Dalam pengujian hipotesis dan perhitungan data hasil belajar ekonomi menggunakan rumus statistik, di dapat t<sub>hit</sub> = 3,23 dan t<sub>tab </sub>= 2,00 pada taraf signifikan 5%. Ini berarti ada pengaruh strategi pembelajaran <em>role playing</em> terhadap hasil belajar ekonomi pada peserta didik MAN 1 Pesawaran.</p>2022-07-13T00:00:00+00:00Copyright (c) 2021