Epsilon: Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/epsilon <p>Epsilon: Jurnal Pendidikan Matematika</p> <p>Jurnal Epsilon diperuntukkan bagi dosen, guru, mahasiswa, dan praktisi pendidikan dalam mempublikasikan karya ilmiah, baik berupa hasil penelitian maupun artikel di bidang pendidikan matematika. Jurnal Epsilon diterbitkan dua kali setahun oleh Program Studi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Bandar Lampung dalam bentuk cetak dan online. Setiap naskah yang diterbitkan telah melalui tahap review oleh tim redaksi Program Studi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Bandar Lampung bekerjasama dengan mitra bestari.</p> en-US hestihestinovinovi@gmail.com (Hesti Noviyana) elvandriyogipratama@gmail.com (Elvandri Yogi Pratama) Mon, 30 Jun 2025 00:00:00 +0000 OJS 3.3.0.8 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Konstruksi Model Mental Calon Guru Matematika dalam Memahami Konsep Integral https://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/epsilon/article/view/1890 <p>Pemahaman suatu konsep dapat diamati melalui model mental. Informasi penting tentang struktur pemahaman siswa yang mendasari dari mana pengetahuan diperoleh dapat diidentifikasi melalui model mental. Model mental dapat menunjukkan cara bagaimana seorang individu berpikir. Individu memahami konsep matematika dengan membangun dan menggunakan struktur mental tertentu (atau konstruksi) yang dianggap dalam Teori APOS sebagai tahapan dalam pembelajaran konsep Matematika. Melaui teori APOS konsep Matematika dapat dipelajari. Teori ini adalah kerangka kerja yang digunakan untuk menjelaskan bagaimana individu secara mental membangun pemahaman mereka tentang konsep Matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan proses konstruksi model mental calon guru matematika dalam memahami konsep integral. Responden penelitian ini yaitu mahasiswa calon Guru Matematika di Universitas Lampung yang berjumlah 23 orang. Berdasarkan hasil tes uraian awal yang diberikan, peneliti memilih 4 orang yang selanjutnya dijadikan subjek penelitian. Tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pemahaman konsep untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep berdasarkan indikator pemahaman konsep. Pada bagian indikator pemahaman konsep dalam penelitian ini, peneliti melakukan evaluasi proses konstruksinya model mental subjek berdasarkan teori konstruksi APOS. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa konstruksi suatu model mental yang dimiliki calon guru matematika dalam memahami konsep integral ada yang lengkap dan ada yang tidak. Hal ini ditunjukkan berdasarkan bagaimana calon guru dalam menuliskan jawaban terkait konsep-konsep yang dapat digunakan untuk dalam menyelesaikan suatu masalah yang disajikan. Selain itu, Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan kajian pedagogik matematika, khususnya dalam memahami proses berpikir calon guru matematika melalui pendekatan model mental dan teori APOS.</p> Wayan Rumite Copyright (c) 2025 Epsilon: Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/epsilon/article/view/1890 Mon, 30 Jun 2025 00:00:00 +0000