TINGKAT STRES DAN MEKANISME KOPING MAHASISWA DALAM MENGHADAPI UJIAN AKHIR

Authors

  • Rubi Rimonda Universitas Teuku Umar
  • Maiza Duana Universitas Teuku Umar
  • Muliane Fanonta Universitas Teuku Umar
  • Nova Indriani Universitas Teuku Umar
  • Radiah Universitas Teuku Umar
  • Mariana Universitas Teuku Umar
  • Izzatulatirah Universitas Teuku Umar

Keywords:

Stress, Mekanisme Koping

Abstract

Mahasiswa adalah satu nama yang di sandang oleh individu yang sedang menempuh pendidikan di universitas atau perguruan tinggi.banyak venomena yang terjadi di kalangan mahasiswa di Indonesia ,salah satunya adalah stres saat menghadapi ujian tingkat akhir semester. Stres merupakan  suatu kondisi yang di rasakan setiap individu dapat berupa ketegangan dan beban mental yang di akibat oleh desakan yang berasal dari lingkungan luar baik secara fisik maupun psikis yang di sebabkan oleh ketidaksanggupan seseorang dalam mengatasinya. Mekanisme koping sangat berpengaruh bila di terapkan untuk dapat mengurangi tingkat stress. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui tingkat stres dan mekanisme koping mahasiswa dalam menghadapi ujian tingkat akhir semester Universitas Teuku Umar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui Google Form. Sampel penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling sebanyak 35 mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa yang mengalami stress saat sedang menghadapi ujian akhir semester dikategorikan stress sedang dengan persentase 63%, stresss ringan 23%, stress berat 15%. Mahasiswa yang mempunyai mekanisme koping Adaptif dengan persentase 57% beserta Mekanisme Koping Maladaptif 43%. Kesimpulan penelitian ini adalah tingkat stress mahasiswa sebagian besar berada dalam kategori stress sedang  serta sebagian besar mahasiswa menerapkan mekanisme koping adaptif.

References

Ambarwati, P. D., Pinilih, S. S., & Astuti, R. T. (2017). THE DESCRIPTION OF STRES LEVELS INCOLLEGE STUDENT. 5(5).

Aulia, S., & Panjaitan, R. U. (2019). Kesejahteraan psikologis dan tingkat stres pada mahasiswa tingkat akhir. Jurnal Keperawatan Jiwa, 7(2), 127. https://doi.org/10.26714/jkj.7.2.2019.127-134

Bar-Zeev, Y., Shauly-Aharonov, M., Neumark, Y., & Hirshoren, N. (2023). Changes in Smoking Behavior, Stress, and Sleep Duration Among Israeli Hospital Workers During the COVID-19 Pandemic: A Cross-sectional Study. Nicotine & Tobacco Research : Official Journal of the Society for Research on Nicotine and Tobacco, 25(2), 274–281. https://doi.org/10.1093/ntr/ntac014

BRASIL, 2011. (2011). No Titlep. Phys. Rev. E, 1995, 7–41.

Góngora-Coronado, E. A., & Vásquez-Velázquez, I. I. (2018). From Coping with Stress to Positive Coping with Life: Theoretical Review and Application. Psychology, 09(15), 2909–2932. https://doi.org/10.4236/psych.2018.915169

Haor, B., Antczak-Komoterska, A., Kozyra, J., Grączewska, N., Głowacka, M., Biercewicz, M., Królikowska, A., Jabłońska, R., & Grzelak, L. (2023). System of Work and Stress-Coping Strategies Used by Nurses of a Polish Hospital during the COVID-19 Pandemic. International Journal of Environmental Research and Public Health, 20(6), 4871. https://doi.org/10.3390/ijerph20064871

Koay, K. Y., Soh, P. C. H., & Chew, K. W. (2017). Do employees’ private demands lead to cyberloafing? The mediating role of job stress. Management Research Review, 40(9), 1025–1038. https://doi.org/10.1108/MRR-11-2016-0252

Kresna, P. (2016). Dalam Proses Penyelesaian Skripsi Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Tahun 2016.

Ma, T. L., Bell, K., Dong, T., Durning, S. J., & Soh, M. (2023). Military Medical Students’ Coping With Stress to Maintain Well-being. Military Medicine, 188(2), 26–34. https://doi.org/10.1093/milmed/usac292

Madaniah, R. (2020). Hubungan antara Mekanisme Koping dengan Tingkat Stres Mahasiswa dalam Menyusun Skripsi di Program Studi Sarjana Keperawatan Universitas Bhakti Kencana Bandung. Skripsi.

Mutiso, V. N., Ndetei, D. M., Muia, E. N., Musyimi, C., Masake, M., Osborn, T. L., Sourander, A., Weisz, J. R., & Mamah, D. (2023). Students stress patterns in a Kenyan socio-cultural and economic context: toward a public health intervention. Scientific Reports, 13(1), 1–14. https://doi.org/10.1038/s41598-023-27608-1

Numanovich, A. I., & Abbosxonovich, M. A. (2020). THE ANALYSIS OF LANDS IN SECURITY ZONES OF HIGH-VOLTAGE POWER LINES (POWER LINE) ON THE EXAMPLE OF THE FERGANA REGION PhD of Fergana polytechnic institute, Uzbekistan PhD applicant of Fergana polytechnic institute, Uzbekistan. EPRA International Journal of Multidisciplinary Research (IJMR)-Peer Reviewed Journal, 2, 198–210. https://doi.org/10.36713/epra2013

Rad, R. D., Sharifabad, H. H., Torabi, M., Azizinejad, R., Salemi, H., & Soltanabadi, M. H. (2022). Drought stress tolerance based on selection indices of resistant crops variety. Global Journal of Environmental Science and Management, 9(2), 287–298. https://doi.org/10.22034/gjesm.2023.02.08

Roberts, T., & Murray, A. (2023). Beyond Trauma Informed Practices: Recommendations for Secondary Traumatic Stress in Educators. Psychology, 14(01), 1–12. https://doi.org/10.4236/psych.2023.141001

Rokach, A. (2018). Effective Coping with Loneliness: A Review. Open Journal of Depression, 07(04), 61–72. https://doi.org/10.4236/ojd.2018.74005

Rusmini, H., & Ma’rifah, S. (2017). Jurnal Ilmu Kedokteran Dan Kesehatan , Volume 4 , Nomor 2 , April 2017 Jurnal Ilmu Dan Kedokteran Dan Kesehatan , Volume 4 , Nomor Jurnal Ilmu Kedokteran Kesehatan , Volume 4 , Nomor. Jurnal Ilmu Kedokteran Dan Kesehatan, 4(April), 67–73.

Suminarsis, T. A., & Sudaryanto, A. (2018). Hubungan antara tingkat stres dengan mekanisme koping pada mahasiswa keperwatan menghadapi praktek belajar lapangan di rumah sakit. EJournal UMS, 149–154.

Yagajeyanthi, M., Kannan, S., Thomas, N., C, M. K., Porolin, D., & M, F. A. (2023). A Study to Assess the Stress and Coping Behavior among B.Sc Nursing first year Students at Selected Nursing College in Chengalpet District. International Journal of Psychiatric Nursing, 9(1). https://doi.org/10.37506/ijpn.v9i1.18855

Rimonda, R., Bulantika, S. Z., Latifah,H., & khasanah, I. (2020). The influence of cinematherapy against academic anxiety in students. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 10(1), 57-62.

Thahir, A., Rimandona, R., & Bulantika, S. Z. (2018). Chinematherapy and thought-stopping techniquesto reduce social anxiety. In Proceedings Ineternational Conference Of Counseling Education and Psychology ( ICONCEP) (Vol. 1).

Sari, P., Bulantika, S. Z., Dewantara, T., & Rimonda, R. (2020). Effects of stress coping and emotion regulation on student academic ztress. KONSELI: Jurnal bimbingan dan konseling (E-Journal), 7(1), 73-80.

Wahyuni, S., & Setyowati, R. (2020). Gambaran stress mahasiswa tingkat akhir dalam penyusunan KTI ditengah wabah covid 19 dan sistem lockdown yang diberlakukan di kampus akper YPIB Majalengka. Jumal Akper YPIB Majalengka, 2020, 6. 12: 1-14

Simbolon. P. (2021). Mekanisme koping dan tingkat kecemasan mahasiswa dalam menghadapi Obejectived Structured Clinical Examination (OSCE). In seminar teknologi terapan (vol. 1. No. 1.pp 42-47)

Lombu, I. P. S., & Setiawan, S. (2018, October). Hubungan Tingkat Stres Dengan Strategi Koping Mahasiswa Reguler Profesi Ners Di Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara. In Talenta Conference Series: Tropical Medicine (TM) (Vol. 1, No. 1, pp. 36-40)

Mundung, G. J., Kairupan, B. R., & Kundre, R. (2019). Hubungan Mekanisme Koping Dengan Stres Kerja Perawat Di Rsu Gmin Bethesda Tomohon. Jurnal Keperawatan, 2019, 7.1.

Downloads

Published

2023-01-31

How to Cite

Rimonda, R., Maiza Duana, Muliane Fanonta, Nova Indriani, Radiah, Mariana, & Izzatulatirah. (2023). TINGKAT STRES DAN MEKANISME KOPING MAHASISWA DALAM MENGHADAPI UJIAN AKHIR. JGCI: Journal of Guidance and Counseling Inspiration, 3(2), 67–75. Retrieved from https://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/jgci/article/view/1170