https://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/jgci/issue/feed JGCI: Journal of Guidance and Counseling Inspiration 2022-09-10T07:10:33+00:00 Sri Murni srimurni0905@gmail.com Open Journal Systems <p>JGCI: Journal of Guidance and Counseling Inspiration merupakan jurnal yang diterbitkan oleh STKIP PGRI Bandar Lampung. Jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah hasil kajian berupa artikel penelitian di bidang Bimbingan dan Konseling serta Psikologi Pendidikan. Semoga kedepannya, dan jurnal ini dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan ilmu pengetahuan di bidang Bimbingan dan Konseling secara luas di kancah nasional maupun internasional. Journal of Guidance and Counseling Inspiration (JGCI) telah melalui proses peer-review. Setiap kiriman yang dikirimkan akan ditinjau, setidaknya satu peninjau dengan sistem tinjauan buta.</p> https://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/jgci/article/view/530 PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELLING UNTUK MENINGKATKAN ETIKA PERGAULAN SISWA DI SMP MA’ARIF 4 PAMEKASAN 2022-03-22T02:38:35+00:00 Anita Tiara Ayu anita@gmail.com Ishlakhatus Sa’idah saidah@gmail.com <p>Pada era millennial sangat penting untuk menerapkan etika pergaulan yang baik terutama bagi siswa kelas VII dikarenakan siswa berada pada masa peralihan dari jenjang sekolah dasar menuju jenjang sekolah menengah pertama. Pada masa itulah siswa yang baru beradaptasi dapat dikatakan labil dalam berperilaku dikarenakan pengaruh arus pergaulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penggunaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling untuk meningkatkan etika pergaulan siswa. Berdasarkan hal tersebut, terdapat pokok permasalahan yang menjadi kajian dalam penelitian ini yaitu: pertama, untuk mengetahui gambaran etika pergaulan siswa SMP Ma’arif 4 Pamekasan, kedua, untuk mengetahui penerapan bimbingan kelompok dengan teknik modelling untuk meningkatkan etika pergaulan siswa SMP Ma’arif 4 Pamekasan. Penelitian ini termasuk dalam Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling. Peneliti melaksanakan secara langsung penelitian dengan memberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling kepada siswa yang bertujuan untuk meningkatkan etika pergaulan siswa. Sumber data yang diperoleh melalui hasil angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah guru BK dan wali kelas VIIA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, etika pergaulan siswa kelas VIIA di SMP Ma’arif 4 Pamekasan masih terbilang rendah. Hal tersebut dipaparkan oleh guru BK dan guru wali kelas VIIA saat peneliti melakukan wawancara. Kedua, penerapan layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling efektif untuk meningkatkan etika pergaulan siswa kelas VIIA SMP Ma’arif 4 Pamekasan. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil angket dari pra siklus dengan nilai rata-rata 61,27% yang meningkat pada siklus I dengan nilai rata-rata 72,13% dan juga semakin meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 88,39%</p> 2022-04-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 JGCI: Journal of Guidance and Counseling Inspiration https://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/jgci/article/view/534 PENGARUH KOMUNIKASI ORANGTUA DENGAN GURU TERHADAP PROSES PENINGKATAN KUALITAS BELAJAR PADA SISWA KELAS V SEMESTER GENAP SD NEGERI 1 BERINGIN RAYA 2022-03-22T03:42:15+00:00 Mareyke Jessy Tanod farrakuan@gmail.com Noviana Diswantika novianadiswantika@yahoo.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1. Komunikasi antara guru dan orang tua di SD Negeri 1 Beringin Raya, 2. Gambaran kualitas belajar di SD Negeri 1 Beringin Raya. Penelitian dilakukan dengan pendekatan metode kualitatif. Variabel penelitian terdiri dari komunikasi orang tua dan guru wali kelas dan kualitas belajar. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Beringin Raya, subjek penelitian ini adalah wali kelas dan kepala sekolah Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa kurang komunikasi antara guru dengan wali murid di SD negeri 1 Beingin Raya. Hal tersebut menunjukan bahwa pengaruh komunikasi orang tua dengan guru kurang baik, dikarenakan karena belum memililiki keterbukaan, empati, dukungan, rasa positif,orang tua menyerahkan tanggung jawab sepenuhnya kepada guru di sekolah.Pengaruh komunikasi antara orang dengan guru terhadap peningkatan kualitas pembelajaran yang kurang berkualitas, Kualitas media pembelajaran, dan Sistem Pembelajaran di sekolah. Gambaran Pengaruh komunikasi orang tua dengan guru terhadap peningkatan kualitas belajar di kelas V di SD Negeri 1 Beringin Raya berada pada kategori kurang kuat hal tersebut menunjukkan bahwa apabila komunikasi orang tua dengan guru kurang baik. Kualiats pembelajaran kelas V baik tapi apabila sebaliknya komunikasi orang tua dengan guru tidak berjalan dengan baik maka berpengaruh tidak baik juga pada kualitas pembelajaran pada siswa.</p> <p>&nbsp;</p> 2022-04-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 JGCI: Journal of Guidance and Counseling Inspiration https://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/jgci/article/view/532 PERBEDAAN GAYA BELAJAR SISWA SERTA KONTRIBUSI BIMBINGAN KONSELING DI MADRASAH MASYARIQUL ANWAR BANDAR LAMPUNG 2022-03-22T02:45:21+00:00 Siti Zahra Bulantika szahrabulantika@gmail.com Rizka Puspita Sari rizkapuspitasari93@gmail.com Tri Dewantari tridewantari@gmail.com <p>Pendidikan Dasar atau Sekolah Dasar merupakan langkah awal bagi anak untuk meningkatkan kemampuan dirinya, dari bangku sekolah dasarlah mereka mendapatkan imunitas belajar yang kemudian menjadi kebiasaan yang mereka lakukan dikemudian hari. Gaya belajar merupakan cara yang biasa digunakan seseorang dalam menyerap adan mengolah iformasi dari lingkungannya. Berdasarkan prefensi sensori gaya belajar siswa terdiri dari gaya belajar visual, auditorial,dan kinestetik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya belajar siswa kelas VI di Madrasah Masyariqul Anwar Bandar Lampung. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret 2020. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan gaya belajar siswa dengan prestasi belajar.Jenis penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Langkah yang diperlukan dalam wawancara menentukan pertanyaan riset yang akan dijawab dalam wawancara tersebut. Dan berdasarkan hasil penelitian ini bahwa pentingnya guru mengetahui gaya belajar dan prestasi belajar siswa dalam setiap mata pelajaran.</p> 2022-04-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 JGCI: Journal of Guidance and Counseling Inspiration https://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/jgci/article/view/535 UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI 01 PALAPA BANDAR LAMPUNG 2022-03-22T03:49:27+00:00 Sri Murni srimurnibk@gmail.com Permata Sari permataontel93@gmail.com Rubi Rimonda rubi.rimonda11@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk 1. Mengetahui kondisi lingkungan sekolah yang mempengaruhi kualitas belajar peserta didik. 2. Mengetahui gambaran kualitas peserta didik dalam belajar. 3. Pengaruh kondisi lingungan yang kurang memadai bagi peserta didik. Lingkungan belajar menjadi faktor yang dapat memengaruhi hasil belajar menggambar peserta didik. Peserta didik yang memeroleh lingkungan belajar yang baik dan motivasi belajar yang tinggi akan berpengaruh positif terhadap hasil belajar menggambar peserta didik. Semakin baik kualitas lingkungan belajar yang diperoleh maka hasil belajar menggambar akan semakin tinggi pula. Selain lingkungan mempengaruhi kualitas belajar peserta didik peran guru bimbingan konseling untuk menggali potensi peserta didik yang mempunyai kualitas belajar tinggi. Dalam hal ini guru BK disekolah dasar negeri 1 palapa bandar lampung belum ada dan bagaimana peran guru BK itu sendri digantikan dengan wali kelas yang memahami peserta didik dalam perkembangannya dan masalah yang dihadapi peserta didik tersebut. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan alat pengumpulan data seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masih kurang efektif kualitas belajar peserta didik dilihat dari lingkungan sekolah serta pentingnya peran guru BK dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik di sekolah tersebut.</p> 2022-04-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 JGCI: Journal of Guidance and Counseling Inspiration https://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/jgci/article/view/533 PENGARUH KESEPIAN TERHADAP DEPRESI MAHASISWA SELAMA PANDEMI 2022-03-22T02:52:43+00:00 Andreas Wisnu Adi Purnomo andreaswisnu55@gmail.com J.T. Lobby Loekmono lloekmono@yahoo.com <p>Pemberlakuan status pandemi serta pembatasan interaksi sosial dalam berbagai lini kehidupan manusia (termasuk pendidikan) membuat dampak negatif bagi kesehatan mental manusia. Gangguan kesehatan mental yang biasanya muncul akibat minimnya interaksi sosial adalah kesepian. Apabila kesepian yang dialami oleh individu tidak dapat ditangani dengan tepat dapat memicu gangguan lain seperti depresi. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah mengetahui seberapa besar dan signifikan variabel kesepian terhadap depresi mahasiswa yang tengah menjalani pembelajaran secara online. Penelitian ini berjenis Expost Facto, populasi yang menjadi subjek penelitian adalah mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas di Salatiga. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional stratified random sampling dengan margin error 10% dan didapati subjek sebanyak 53 individu. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana dengan bantuan Statistic Program for Service Solution versi 16.0 for Windows. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan didapati hasil nilai R sebesar 0.733 yang artinnya tingkat keeratan hubungan masuk dalam kategori kuat. Sedang nilai R2 sebesar 0.537, yang artinya variabel kesepian memberikan sumbangsih pengaruh terhadap variabel depresi sebesar 53,7%. Kemudian nilai koefisien signifikansi 0.000 &lt; 0.05, yang artinya variabel kesepian memberikan pengaruh yang signifikan terhadap depresi yang dialami mahasiswa selama masa pandemi.</p> 2022-04-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 JGCI: Journal of Guidance and Counseling Inspiration