IMPLEMENTASI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN IPS SD KELAS V DI BANDARLAMPUNG
DOI:
https://doi.org/10.52217/lentera.v11i2.430Keywords:
pendidikan karakter, persepsi guru, pembelajaran IPSAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris mengenai
implementasi nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS SD kelas V di
Bandarlampung. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kualitatif. Peneliti
mendeskripsikan secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta dan
hubungan kausal fenomena yang diteliti. Data primer penelitian ini berupa dokumen
wawancara pada guru-guru SD di Bandarlampung untuk memperoleh data persepsi guru
mengenai implementasi nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS di kelas V.
Sumber data lain adalah dokumen interview yang dilakukan terhadap guru-guru SD di
Bandarlampung. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan sumbangan
pemikiran dalam pembelajaran IPS terkait kesesuaian buku teks dengan kurikulum yang
diwujudkan dalam buku ajar.
References
Afandi, Rifki. "Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar". Pedagogia Vol. 1, No. 1, Desember 2011: 85-98
Hamied, Fuad Adbul. 2001. “Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing: Isu dan Realita”, Artikel, Buletin Pengajaran BIPA, Volume I/3 April 2001.
Kawuryan, Sekar Purbarini. 2013. Pengembangan Pendidikan IPS SD (Bahan Ajar Mata Kuliah). Yogyakarta: Jurusan PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2015. Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2015-2019. Jakarta: Kemdikbud Kementerian Pendidikan Nasional
Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum. 2010. Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya Untuk Membentuk Daya Saing Dan Karakter Bangsa.
Pengembangan Pendidikan dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kemendiknas
Koesoema, Albertus Doni. 2010. Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Garsindo.
Lickona, Thomas. 1991. Educating for Character: How Our School Can Do Teach Respect and Responsibility New York: Brantam Book.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2000. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek, cet. ke-3. Bandung: PT
Remaja Rosdakarya.
Supriono, Yoyo. 2015. "Pembelajaran IPS dalam Kurikulum 2013", Artikel (Online), 02 Februari 2015, diunduh pada Januari 2017
Suyanto. 2010. “Urgensi Pendidikan Karakter”. kemdiknas.go.id. diunduh pada september 2015.
Tanner, D. dan Tanner, L. 1980. Curriculum Development: Theory into Practice. New York: Macmillan Publishing Co. Inc.
UU RepubIik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 1 ayat 19
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.