UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWAMELALUI MODEL PEMBELAJARAN PORTOFOLIOPADA PELAJARAN IPS KELAS IVSDN 1 KETEGUHAN
Keywords:
model pembelajaran berbasis portofolio, minat belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana Model Pembelajaran Berbasis Portofolio kelas IV SD Negeri 1 Keteguhan dapat meningkatkan minat belajar IPS siswa. PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat kali pertemuan. Hal ini dimaksudkan agar siswa terbiasa menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Portofolio sehingga dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pelajaran IPS.Dari pelaksanaan PTK ini diperoleh temuanbahwa terjadi peningkatan keaktifan belajar siswa dari siklus I ke Siklus II. Hal ini terlihat ketercapaian indikator keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian ini. Pada siklus I diketahui aktivitas siswa 89,3 % ini dikategorikan sangat tinggi. Pada siklus II aktivitas siswa 94 % dikategorikan sangat tinggi. Aktivitas guru dalam Penerapan model pembelajaran berbasis portofolio guru memperoleh skor 94,40 % dari skor maksimal yang diharapkan 100. Ini dapat dikategorikan Pembelajaran Berbasis Portofolio sudah dilaksanakan dengan baik
References
DAFTAR PUSTAKA
Budimansyah, Dasim.(2002).Model Pembelajaran dan Penilaian Portofolio.Bandung: Genesindo.
Budimansyah, Dasim.(2003).Model Pembelajaran Portofolio dalam PAI. Bandung: Genesindo.
Depdikbud. (1994) Garis-Garis Besar Program Pengajaran (GBPP), Jakarta: Depdikbud.
Fajar, Arnie.(2005).Portofolio Dalam Pembelajaran IPS.Bandung:Rosda Karya.
Haryati, Mimin.(2007). Model & Teknik Penilaian pada Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.
Slameto.(2003).Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Bina Aksara.
Sudrajat.(2004) Statistik Non Parametrik. Bandung: Armico.
Sumarno. (2007).Metodologi Penelitian Tindakan Kelas.Pekanbaru:FKIP, Cendikia Insani.
Syah, Muhibbin.(2007).Psikologi Pendidikan.Bandung:Remaja Rosda Karya.
Winkel, W.S.(1984).Psikologi Pendidikan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.