PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI PERMAINAN PANCASILA LIMA DASAR PADA SISWA KELAS 1 SDN4 KOTAKARANG
Keywords:
kemampuan membaca, permainan Pancasila Lima DasarAbstract
Tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mengharapkan terciptanya masyarakat yang gemar akan membaca, sementara kondisi yang terlihat mengkhawatirkan dengan kurangnya minat siswa dalam membaca. Sementara itu perpustakaan sebagai salah satu sarana bagi siswa tidak mendapat perhatian penuh oleh siswa, berdasarkan hasil pengamatan tahun pelajaran 2016 bahwa pengunjung pada perpustakaan SD Negeri 4 Kotakarang. Penelitiantindakan kelas ini bertujuan meningkatkan kemampuanmembaca siswa SD Negeri 4 Kotakarang yang diharapkan nantinya akansiswa akan dapat membaca dengan cepat.Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yaitu dengan3 kali pertemuan,pertemuan pertama dijadikan tahap pembanding pengambilan nilai, dilanjutkan dengan siklus I dan siklus II, hasil analisis tindakan kelas ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan teknik permainan kosa kata dapat meningkatkan kemampuan siswa membaca dengan cepat. Berdasarkan data yang telah diambil melalui beberapa siklus penelitian menunjukkan adanya peningkatankemampuan siswa dalam membaca
References
DAFTARPUSTAKA
Alwasilah, Chaedar. (2007). Contextual Theaching & Learning, Menjadikan KegiatanBelajar- Mengajar mengasyikkan dan Bermakna, Penerbit MLC: Bandung.
Aqib, Zaenal. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Yrama Widya
Azhar,Arsyad. (2004).Media pembelajaran.Penerbit PT Raja Grafindo Persada, Jakarta
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2005). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan. Penerbit CV Pustaka Setia: Bandung.
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Kurikulum 2004. KerangkaDasar. Depdiknas: Jakarta.
Departemen Pendidikan Nasional. Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Dasar. (2002) Pendekatan Kontekstual ( Contextual Teaching ang Learning) (CTL): Depdiknas: Jakarta.
Farida,Rahim. (2005). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Penerbit Bumi Aksara: Jakarta.
Mulyasa. (2002). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Penerbit Rosda: bandung
Rumini dan Sundari. 2004. Perkembangan Anak dan Remaja. Penerbit Rineka Cipta Jakarta.
Sagala, Syaiful. (2005).Konsep dan Makna Pembelajaran,Untuk MembantuMemecahkan Problematika Belajar dan Mengajar.Penerbit CV Alfabeta, Bandung
Sanjaya, Wina.(2005).Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum BerbasisKompetensi.Prenada Media: Jakarta.
Sardiman. (2004).Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Penerbit PT Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Uzer, Usman. (2004). Menjadi Guru Profesional. Penerbit PT Remaja Rosdakarya: Jakarta