PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI PERMAINAN PANCASILA LIMA DASAR PADA SISWA KELAS 1 SDN4 KOTAKARANG

Authors

  • Yanuri Yanuri SDN 4 Kotakarang

Keywords:

kemampuan membaca, permainan Pancasila Lima Dasar

Abstract

Tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mengharapkan terciptanya masyarakat yang gemar akan membaca, sementara kondisi yang terlihat mengkhawatirkan dengan kurangnya minat siswa dalam membaca. Sementara itu perpustakaan sebagai salah satu sarana bagi siswa tidak mendapat perhatian penuh oleh siswa, berdasarkan hasil pengamatan tahun pelajaran 2016 bahwa pengunjung pada perpustakaan SD Negeri 4 Kotakarang. Penelitiantindakan kelas ini bertujuan meningkatkan kemampuanmembaca siswa SD Negeri 4 Kotakarang yang diharapkan nantinya akansiswa akan dapat membaca dengan cepat.Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yaitu dengan3 kali pertemuan,pertemuan pertama dijadikan tahap pembanding pengambilan nilai, dilanjutkan dengan siklus I dan siklus II, hasil analisis tindakan kelas ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan teknik permainan kosa kata dapat meningkatkan kemampuan siswa membaca dengan cepat. Berdasarkan data yang telah diambil melalui beberapa siklus penelitian menunjukkan adanya peningkatankemampuan siswa dalam membaca

References

DAFTARPUSTAKA

Alwasilah, Chaedar. (2007). Contextual Theaching & Learning, Menjadikan KegiatanBelajar- Mengajar mengasyikkan dan Bermakna, Penerbit MLC: Bandung.

Aqib, Zaenal. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Yrama Widya

Azhar,Arsyad. (2004).Media pembelajaran.Penerbit PT Raja Grafindo Persada, Jakarta

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2005). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan. Penerbit CV Pustaka Setia: Bandung.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Kurikulum 2004. KerangkaDasar. Depdiknas: Jakarta.

Departemen Pendidikan Nasional. Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Dasar. (2002) Pendekatan Kontekstual ( Contextual Teaching ang Learning) (CTL): Depdiknas: Jakarta.

Farida,Rahim. (2005). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Penerbit Bumi Aksara: Jakarta.

Mulyasa. (2002). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Penerbit Rosda: bandung

Rumini dan Sundari. 2004. Perkembangan Anak dan Remaja. Penerbit Rineka Cipta Jakarta.

Sagala, Syaiful. (2005).Konsep dan Makna Pembelajaran,Untuk MembantuMemecahkan Problematika Belajar dan Mengajar.Penerbit CV Alfabeta, Bandung

Sanjaya, Wina.(2005).Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum BerbasisKompetensi.Prenada Media: Jakarta.

Sardiman. (2004).Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Penerbit PT Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Uzer, Usman. (2004). Menjadi Guru Profesional. Penerbit PT Remaja Rosdakarya: Jakarta

Downloads

Published

2018-10-19

How to Cite

Yanuri, Y. (2018). PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI PERMAINAN PANCASILA LIMA DASAR PADA SISWA KELAS 1 SDN4 KOTAKARANG. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(2), 83–94. Retrieved from https://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/lentera/article/view/434

Issue

Section

Articles