PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN ALAT PERAGA SEQIPPADA TOPIK KONDUKTOR DAN ISOLATOR PANAS DI KELAS VI SDN 2 SAWAH BREBES

Authors

  • Puspita Atlayda SDN 2 Sawah Brebes

Keywords:

alat peraga, SEQIP (Science Education Quality Improvement Project), konduktor dan isolator panas

Abstract

Dengan penelitian ini diharapkan guru mampu memainkan perannya sebagai inovator pembelajaran untuk dapat menggunakan sumber belajar yang tepat seperti penggunaan alat peraga sebagai salah satu media yang dapat membantu guru dalam mengajar karena alat peraga atau media sangat berperan penting dalam pembelajaran IPA di SD.Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan alat peraga SEQIP (Science Education Quality Improvement Project) pada topik konduktor dan isolator panas pada mata pelajaran IPA di kelas VIe SDN 2 Sawah Brebes.Penelitian ini digunakan metode penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan penekanan terhadap proses pembelajaran IPA SDN 2 Sawah Brebes di kelas VI. Model yang digunakan dalam penelitian inimengikuti yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart, yaitu tahap perencanaan (plan), pelaksanaan (act), pengamatan (observe), dan perenungan (reflect). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa penggunaan lat peraga SEQIP dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dari hasil observasi memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar dengan menggunakan alat peraga SEQIP yang pada siklus I rata-rata 71% menjadi 85% pada siklus II. Penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran menunjukkan peningkatan

References

DAFTAR PUSTAKA

Arsyad, Azhar. (2004). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Aqib Zainal. (2006) Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Yrama Widya.

BSNP. (2007). Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Mendikasmen Direktorat Pembinaan TK dan SD.

Kunandar. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Mardalis. (2007). Metode Penelitian. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005. Standar Nasional Pendidikan (SNP). Bandung: Citra Umbara.

Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Pranata Media Group.

Tim Konsultan. (2006). Pelatihan Pemandu Bidang Studi (PBS) dan Guru IPA (SEQIP). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Tim SEQIP. (2003). Buku IPA Guru Kelas VI. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Undang-undang RI No. 14 Tahun 2005. Tentang Guru dan Dosen. Bandung : Citra Umbara.

Winaputra, Udin. (1997). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : UT.

Yustisia, Pustaka. (2007). Panduan Lengkap Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Yogyakarta.

Published

2018-03-20

How to Cite

Atlayda, P. . (2018). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN ALAT PERAGA SEQIPPADA TOPIK KONDUKTOR DAN ISOLATOR PANAS DI KELAS VI SDN 2 SAWAH BREBES. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(2), 109–120. Retrieved from https://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/lentera/article/view/436

Issue

Section

Articles