UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI PERHITUNGAN LUAS PERMUKAAN BALOK DENGAN METODE INKUIRI PADA SISWA SDN 1 BAKUNG

Authors

  • Siti Kholijah SDN 1 Bakung

Keywords:

hasil belajar, menghitung luas permukaan balok, metode inkuiri

Abstract

Permasalahan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep menghitung luas permukaan balok dengan metode inkuiri pada siswa kelas Va SDN 1 Bakung Teluk Betung Barat  kota Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017.Terkait dengan hasil belajar yang dicapai, dilakukan analisis terhadap skor yang mengukur peningkatan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Berdasarkan hasil observasi dan refleksi dari siklus penelitian tidakan kelas pada proses pembelajaran Matematika yang pada awalnya kurang mendapat perhatian yang baik dari siswa sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa terhadap materi pelajaran Matematika mengalami perubahan yang cukup signifikan. Hal ini nampak dari keaktifan siswa yang meningkat serta hasil belajar yang meningkat pula. Ini merupakan sesuatu prestasi yang sangat baik dan menggembirakan.Metode inkuiri terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menghitung luas permukaan bangun ruang khususnya pada bangun balok terbukti dengan terjadinya peningkatan secara signifikan hasil belajar yang  ditunjukkan adanya peningkatan pemahaman materi yakni yang mendapat nilai 70 ke atas pada siklus I sebesar 35 % menjadi  55% pada siklus II dan meningkat  menjadi 72,55 pada siklus III. Hal ini menujukkan bahwa pembelajaran yang dilaksanakan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan tersebut telah mencapai target rata-rata di atas 72,5%.

References

DAFTAR PUSTAKA

Banks, J.A.(1985). Teaching Strategies for The Social Studies. New York: Longman.

Barth, J. L., & Shermis. (1978). The nature of the social studies. Palm Spring: An ETS Pablication.

Dahar, Ratna Wilis. (1989). Teori Belajar. Jakarta: Erlangga Press.

Jarolimek, J. (1986). Social studies in elementary education,(7th ed.). New York: Macmillan Pubishing Company.

Joyce, Bruce and Weil, Marsha. (1980). Models of Teaching (Second Edition). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall Inc.

Kemendiknas. (2010). Pembelajaran dan Penilaian Afektif (Petunjuk Teknis). Jakarta: Kemendiknas.

Muhibbin Syah. (2003). Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo.

Sanjaya, Wina.(2007). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar ProsesPendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Slameto. (2003). Pengantar Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sudjana, Nana. (1995). Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sudjana, Nana. (2000). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Sinar Baru Algesindo.

Wartono. (1996). “Pengembangan Model Pembelajaran Akrab Lingkungan Untuk Mengembangkan Keterampilan Berpkir dan Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Bidang Sains di Sekolah Dasar”. Disertasi, Tidak dipublikasikan. Bandung: PPS IKIP Bandung.

Wilkins, Robert A.(1990). Model Lessons Bridging the Gap between Models of Teaching and Classroom Application. Perth: Curtin University of Technology.

Downloads

Published

2018-10-19

How to Cite

Kholijah, S. . (2018). UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI PERHITUNGAN LUAS PERMUKAAN BALOK DENGAN METODE INKUIRI PADA SISWA SDN 1 BAKUNG. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(2), 137–135. Retrieved from https://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/lentera/article/view/438

Issue

Section

Articles