Analisis Nilai Karakter dalam Cerita Dongeng Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar

Authors

  • Irfai Fathurohman Universitas Muria Kudus
  • Uzlifatul Baehaqi Universitas Muria Kudus

Keywords:

Character Value, Fairy Tales

Abstract

This research to find out the value of character delivered by the high grade high school precursor nu holy whe high paying for this study for the procpectif case. The study described the value of the character in the fairy tales delivered by the second -grade high school seniors Muslimat NU holy. Data collection techniques documenting interviews, taking notes. Research shows that during  high-value practice, from 18 character value indicators, lower-class students only instill 10 good values in the form of discipline, the value of hard work , the value of creative values, the value of social concern, the value of democracy, the value of tolerance, the value peace, religious values, the value of achievement,and pry value.

References

Afiatin, Tina, dkk. (2016). “Pelatihan Keterampilan Mendongeng untuk Keluarga Nelayan”. Indonesia Journal Of Community Engagement. : Volume 2, No. 1, September 2016, 55.

Ds. Agus. (2009). Tips Jitu Mendongeng. Yogyakarta : Penerbit Kanisius.

Hidayatullah, Furqan. (2010). Pendidikan Karakter Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yusma Pustaka.

Hidayah, N., Rohmatillah. 2020. Penguatan Karakter Mahasiswa Melalui Mata Kuliah Bahasa Indonesia, Jurnal Litera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 13(1), 199-212.

Kementrian Pendidikan Nasional. Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Laily, Nurul Rokhmatul Izzah. 2018. Pola Asuh Orang Tua dalam Menumbuhkan Karakter Cinta Damai pada Siswa di MI Imami Kepanjen. (Skripsi Universitas Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang Tahun 2018).

Matta, Muhammad Anis. (2006). Membentuk Karakter Cara Islam. Jakarta: Al-I`tishom.

Mustari, Muhammad. 2017. Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pressindo.

Mustari, Muhammad. 2017. Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan. Depok: Raja Grafindo Persada.

Mustari, Muhammad. 2014. Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan. Jakarta: PT Raja Gravindo Persada.

Nadia, Hafizah . 2015. Pengaruh Metode Mendongeng Terhadap Keterampilan Menyimak Dongeng pada Siswa Kelas II di SD Dharma Karya UT Pondok Cabe Tangerang Selatan. (Skripsi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Tahun 2015).

Nurgiyantoro, Burhan . (2005). Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Prakoso, Awam. 2019. Kreatif dalam Mendongeng. Disampaikan dalam Kemah Dongeng Angkatan ke-22 2019 di Tangerang Selatan (un published).

Sapti, Eka Cahyaningrum, dkk. (2017). “Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan dan Keteladanan”. Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta.. Volume 6, No.2, Desember 2017, 206.

Susanti. 2013. Upaya Peningkatan Pemahaman Isi Dongeng dengan Penggunaan Media Gambar Seri Pada Siswa Kelas I SD Negeri Gentan Ngaglik Sleman. (Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta Tahun 2013).

Susanti, Ida. (2018). Siapa Bilang Mendongeng Itu Susah Panduan Mendongeng untuk Guru dan Orang Tua. Bandung : CV Media Cendekia Muslim.

Wicaksono, Andri; dkk. (2018). Tentang Sastra: Orkestrasi Teori dan Pembelajarannya.Yogyakarta: Garudhawaca.

Published

2020-10-14

How to Cite

Fathurohman, I. ., & Baehaqi, U. . (2020). Analisis Nilai Karakter dalam Cerita Dongeng Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 13(2), 293–304. Retrieved from https://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/lentera/article/view/467

Issue

Section

Articles