Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi dan Diskusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Perpajakan pada Kelas XI IPS MA Abu Dzarrin Kendal Bojonegoro Tahun Ajaran 2019/2020

Authors

  • Siti Umi Nur Aisyah IKIP PGRI Bojonegoro
  • Sarjono Sarjono IKIP PGRI Bojonegoro
  • Ahmad Hariyadi IKIP PGRI Bojonegoro

Keywords:

Learning Method of Recitation and Discussion, learning outcomes

Abstract

The application of learning methods in terms of suitability and effectiveness of the characteristics of learning materials and students. This research is to understand: (1) the workings of applying learning and discussion methods that can improve student learning outcomes. (2) Learning Implementation Methods Learning Methods on Student Learning Outcomes. (3) Learning Implementation Methods Learning and Learning Methods for Student Learning Outcomes to Subjects of Economic Subjects of Taxation. Classroom Action Research with Qualitative approval. The population of this study were 38 students. Data collection using the Pre Test and Post Test methods in Cycle I and Cycle II. Pre Test scores are a reference to students' abilities before applying the learning and recitation learning methods, while the post test scores are used to reflect student learning outcomes after applying the recitation and discussion learning methods. KKM Economics subjects in Class XI IPS MA ABU DZARRIN Kendal Bojonegoro amounted to 75. Student assistance is considered Completed (T) if the test score is equal to or more than 75, suitable students Not Completed (TT) use test scores less than 75. Data analysis Obtained the results of research (1) Student pre-test scores before applying the learning and discussion methods very much that have not met the KKM of 52.6%. (2) The results of the improvement of learning cycle I by applying recitation and discussion methods only 60.5% of students who meet the KKM while 39.5% of students scored below the KKM. (3) The results of improving cycle II It is estimated that 92% of students have reached the KKM. Increasing student learning outcomes in the second cycle is very significant, then determined recitation learning methods and discussions can improve student learning outcomes.

References

Darmuki, A. & Hariyadi, Ahmad. (2019). Eksperimentasi Model Pembelajaran Jucama Ditinjau Dari Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Berbicara Di Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro. Kredo. 3(1), 62-72.

Darmuki, A.; Hariyadi, Ahmad; Hidayati, Nur Alfin. (2020). Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Mind Map Pada Mahasiswa Kelas IA PBSI IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2019/2020

Darmuki, A.; Hariyadi, Ahmad; Hidayati, Nur Alfin. (2019). Developing Beach Ball Group Investigations Cooperative. International Conferences Seword Fresh, 1-7.

Darmuki, A.; Andayani; Nurkamto, Joko; Saddhono, Kundharu. (2018). The Development and Evaluation of Speaking Learning Model by Cooperative Approach. International Journal of Instruction. 11(2), 115-128.

Hamdayana, Jumanta. (2014). Model dan Metode Pembelaaran Kreatif dan Berkarakter, Jakarta: Ghalia Indonesia

Hariyadi, A. & Darmuki, A. (2019). Prestasi dan Motivasi Belajar dengan Konsep Diri. Prosiding Seminar Nasional Penguatan Muatan Lokal Bahasa Daerah sebagai Pondasi Pendidikan Karakter Generasi Milenial. PGSD UMK 2019, 280-286.

Iskandar. (2009). Penelitian Tindakan Kelas, Ciputat: Gaung Persada (GP) Press.

Lutvaidah, Ukti, (2015). Pengaruh Metode Dan Pendekatan Pembelajaran Terhadap Penguasaan Konsep Matematika. Di unduh dihttps://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/653. pada tanggal 11 Juli 2020.

Maisaroh, Rostrieningsih. (2010). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Active Learning Tipe Quiz Team pada Mata Pelajaran Keterampilan Dasar Komunikasi di SMK Negeri 1 Bogor. Di unduh di https://journal.uny.ac.id/index.php/jep/article/view/571 pada tanggal 11 Juli 2020.

Nasution, Mardiah Kalsum. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Diunduh di http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/studiadidaktika/article/view/515 pada tanggal 31 Januari 2020.

Munaji. (2017). Pengaruh metode diskusi, Metoderesitasi, Danmotivasi Belajar terhadap hasil belajar IPS. Diunduh di https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/inspirasi/article/view/412 pada tanggal 6 Mei 2020.

Yunita, Nuri Nurma; Wahyuni, Sri; Suharso, Pudjo. (2016). Penerapan Metode Resitasi Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Pendapatan Nasional (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Pendapatan Nasional Kelas XI IPS 2 di MAN 2 Jember. Diunduh di https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/4310 pada tanggal 6 Mei 2020.

Purwanto. (2016). Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Raharjo. (2013). Modul Pengayaan Peminatan Ekonomi untuk SMA/MA Semester 2. Surakarta: PT Putra Nugraha Sentosa.

Ratnasari, Desi & Ulfah, Maria. (2015). Pengaruh Penggunaan Metode Diskusi Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Sma Islam Bawari. Diunduh di http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10262 pada tanggal 31 Januari 2020.

Sumarni, Abduh H. Harun, dan Imran (2015). Penerapan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Kecil Toraranga Pada Mata Pelajaran PKn Pokok Bahasan Sistem Pemerintahan Kabupaten, Kota dan Provinsi. Di unduh di http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3063 pada tanggal 11 Juli 2020.

Murniasih, Tatik Retno; Fayeldi, Trija. (2017). Metode Resitasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Mata Kuliah Dasar-Dasar Pemrograman Komputer. Di unduh di https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/5083 pada tanggal 11 Juli 2020.

Widodo, Lusi Widayanti, (2013). Peningkatan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas Viia Mts Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Di unduh di https://jurnal.ugm.ac.id/jfi/article/view/24410. pada tanggal 11 Juli 2020.

Published

2020-10-14

How to Cite

Aisyah, S. U. N. ., Sarjono, S., & Hariyadi, A. . (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi dan Diskusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Perpajakan pada Kelas XI IPS MA Abu Dzarrin Kendal Bojonegoro Tahun Ajaran 2019/2020. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 13(2), 305–314. Retrieved from https://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/lentera/article/view/468

Issue

Section

Articles