Pengembangan Instrumen Penilaian Kognitif dalam Pembelajaran Tematik Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Diah Ayu Putri Utami Universitas Kristen Satya Wacana
  • Naniek Sulistya Wardani Universitas Kristen Satya Wacana

Keywords:

Develop, Instrument of Cognitive Asssessment, Thematic

Abstract

The purpose of this research is to (1)know about how to develop cognitive instrument assessment of thematic grade 5 elementary school;(2)to know about quality of cognitive instrument of thematic grade 5 elementary school from classical item analysis. This RND research consists of preliminary studies, product development and product trials. The subjects of this study were 5th grade students at Dorolegi 1 ES, Ketangirejo 1 ES and Sindurejo 1 ES Grobogan. The results showed that (1)how to develop cognitive assessment instruments namely determining theme, IC, BC, GPA, learning objectives, measuring instruments, grids, items, trials, revisions and determining the final product (2) Instrument items shaped PG consists of 42 items. Based on the classical analysis, items had high validity r0.20, reliability α≥0.20 (α = 938), moderate difficulty level 0.25 <P≤0.75, distinguishing power received P≤0.20, deception 59.5% is very good and 40.5% is good. Thus, the cognitive assessment instrument for thematic learning in 5th grade elementary school is feasible to use.

References

Amelia, M. A. (2016). Analisis Soal Tes Hasil Belajar High Order Thinking Skill (HOTS) Matematika Materi Pecahan untuk Kelas 5 Sekolah Dasar. [Online], Vol 1 (2) , 9 halaman. Tersedia di https://repository.usd.ac.id/11256/1/3358_201712+Vol+20-2+Jurnal+Penelitian+Edisi+Khusus+PGSD+_Yunia.pdf. Diakses pada tanggal 10 Januari 2020.

Arifin, Zaenal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung : Rosda Karya.

Fransiska dan Diana Karitas. (2017). Buku Guru Tema 6 Panas dn Perpindahannya. Indonesia: Kemendikbud.

Frasandy, R. N. (2017). Pembelajaran Tematik Integratif (Model Integrasi Mata Pelajaran Umum Sd/Mi Dengan Nilai Agama). [Online],Vol 5 (2), 53 halaman. Tersedia di http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/elementary/article/download/2991/pdf Diakses pada tanggal 9 Januari 2020.

Indonesia. (2016). Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Menteri Pendidikan Nasional.

Janah, N. (2016). Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran IPA Kelas III SD Gugus Martoloyo Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal. [Online]. Tersedia di https://lib.unnes.ac.id/29118/ Diakses pada tanggal 12 Januari 2020.

Kemendikbud. (2017). Panduan Penulisan Soal 2017 untuk SD/MI. Jakarta: Kemendikbud.

Kunandar. (2014). Penilaian autentik : penilaian hasil belajar peserta didik berdasarkan kurikulum 2013 suatu pendekatan praktis . Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kurniawan, T. (2015). Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Ips Sekolah Dasar. [Online], Vol 4 (1), 6 halaman. Tersedia di https://lib.unnes.ac.id/24160/1/1401411341.pdf Diakses pada tanggal 10 Januari 2020.

Menteri Pendidikan Nasional. (2016). Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Menteri Pendidikan Nasional.

Pratiwi, N. K. (2015). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMK Kesehatan di Kota Tangerang.[Online], Vol 1 (2), 31 halaman. Tersedia di http://journal.unas.ac.id/pujangga/article/viewFile/320/218 Diakses pada 11 Januari 2020.

Pratiwiningtyas, dkk. (2017). Pengembangan Penilaian Kognitif untuk Mengukur Literasi Membaca Bahasa Indonesia Berbasis Model Pirls pada Siswa Kelas IV SD. [Online], Vol 6 (1), 9 halaman. Tersedia di https://scholar.google.co.id/citations?user=d2cFq2cAAAAJ&hl=id#d=gs_md_cita-d&u=%2Fcitations%3Fview_op%3Dview_citation%26hl%3Did%26user%3Dd2cFq2cAAAAJ%26citation_for_view%3Dd2cFq2cAAAAJ%3A9vf0nzSNQJEC%26tzom%3D-420 Diakses pada tanggal 9 Januari 2020.

Rewa, dkk. (2014). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbasis Media Komputasi Pada Materi Struktur Atom Kelas X Man Biau. [Online], Vol 3 , 7 halaman. Tersedia di http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JAK/article/view/7795 Diakses pada 15 Januari 2020.

Sari, Dewi Tinjung. (2015). Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Asil Di Sma Negeri 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. [Online]. Tersedia di jurnal.uns.ac.id/bise/article/download/19918/15578 Diakses pada 9 Januari 2020.

Seran, V. L. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Kognitif Pembelajaran Tema 8 Tempat Tinggalku Sub Tema 2 Keunikan Daerah Tempat Tinggalku Kelas 4 SD Semester 2. [Online]. Tersedia di https://repository.uksw.edu/handle/123456789/11053 Diakses pada 8 Januari 2020.

Sukmadinata, N. S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remja Rosdakarya.

Ulya, H. (2016). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Bermotivasi Belajar Tinggi Berdasarkan Ideal Probem Solving. [Online],Vol 2 (1) ,96 halaman. Tersedia di https://www.mendeley.com/catalogue/9eb89baf-707d-33b2-ab6e-5d15e9f13c23/ Diakses pada 12 Januari 2020.

UNDP. (2018). Human Development Index and its Componens. New York: UNDP.

Wardani, Naniek Sulistya, dkk. 2012. Asesmen Pembelajaran SD. Kabupaten Semarang: Widya Sari Press.

Widyaningrum, R. (2012). Model Pembelajaran Tematik di MI/SD.[Online], Vol 10 ,13 halaman. Tersedia di http://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/cendekia/article/view/405 Diakses pada 12 Januari 2020.

Yuliandini, Nurul. (2019). Pengembangan Soal Tes High Order Thinking Skill (HOTS) Taksonomi Bloom Revisi di Sekolah Dasar. [Online], Vol 6 (1), 11 halaman. Tersedia di https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/12563 Diakses pada 16 Januari 2020.

Yustiana, Sari. (2017). Analisis Soal Pilihan Ganda pada Mata Pelajaran PKn Buatan Guru Sekolah Dasar.[Online], Vol 3 (1), 6 halaman. Tersedia di https://jipd.uhamka.ac.id/index.php/jipd/article/view/59 Diakses pada 9 Januari 2020.

Published

2020-04-13

How to Cite

Utami, D. A. P. ., & Wardani, N. S. . (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Kognitif dalam Pembelajaran Tematik Kelas V Sekolah Dasar. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 13(1), 1–18. Retrieved from https://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/lentera/article/view/483

Issue

Section

Articles