Kompetensi Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) melalui Bimbingan Berkelanjutan pada Guru Taman Kanak-kanak Masjid Agung Lampung Selatan

Authors

  • Munawaroh Munawaroh Dinas Pendidikan Kabupaten Lampung Selatan

Keywords:

teacher's ability to prepare lesson plans, continuous guidance

Abstract

The problem found is the low ability of teachers to prepare lesson plans in accordance with adherence to process standards. Meanwhile, one of the teacher's duties is to plan learning well in order to achieve maximum learning objectives. The purpose of this study was to improve the ability of teachers to prepare a Learning Implementation Plan (RPP) through continuous guidance at TK Masjid Agung Lampung Selatan. The results showed that in the first cycle the teacher's ability reached a score of 37 or reached 52% and the second cycle reached a score of 68 or reached 95%. Thus, the ability to compile a Learning Implementation Plan (RPP) can be improved through continuous guidance to the Kindergarten Teachers of the Great Mosque of South Lampung.

References

Daradjat, Zakiyah. (1980). Kepribadian Guru. Jakarta: Bulan Bintang.

Fatihah. (2011). Bimbingan Berkelanjutan Profesi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Imron, Ali. (2000). Pembinaan Guru Di Indonesia. Malang: Pustaka Jaya.

Kuka, Udin. (2017). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Bimbingan Berkelanjutan di SMP Negeri 10 Kota Ternate. EDUKASI - Jurnal Pendidikan, Vol. 15 No.1 Januari 2017, pp. 643-649.

Nurdin, Syafrudin dan Usman, M. Basyirudin. (2002). Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum. Jakarta: Ciputat Press.

Nurzali. (2019). PELAKSANAAN WORKSHOP DAN BIMBINGAN BERKELANJUTAN UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP). JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran). 3. 462. 10.33578/pjr.v3i3.6997.

Pamungkas, Joko; Hayati; dan Maryatun, Ika Budi. (2016). PENGEMBANGAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN PAUD BERBASIS BUDAYA. Jurnal Pendidikan Anak, Volume 5, Edisi 2, Desember 2016.

Panigoro, Imran. (2018). Pelaksanaan Bimbingan Berkelanjutan dalam Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal AKSARA, Volume: 04, Nomor: 02, 2018, http : //ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/AKSARA/index

Permendiknas No.12 Tahun 2007 tentang Enam Standar Kompetensi Pengawas Sekolah.

Rahmah, Nur. (2015). RPP dan Pedoman Pembelajaran di Paud, Artikel (online), https://guruberbagi.kemdikbud.go.id, diunduh pada Februari 2020

Suparlan. (2005). Menjadi Guru Efektif. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

UU RI No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas.

Wicaksono, A. (2017). MENCARI KARAKTER PENDIDIK YANG IDEAL BAGI INDONESIA (Dalam Cerita dan Realita dari Masa ke Masa). Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1, 109-118. Retrieved from http://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/lentera/article/view/102.

Published

2020-04-13

How to Cite

Munawaroh, M. (2020). Kompetensi Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) melalui Bimbingan Berkelanjutan pada Guru Taman Kanak-kanak Masjid Agung Lampung Selatan. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 13(1), 163–174. Retrieved from https://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/lentera/article/view/499

Issue

Section

Articles