PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) MELALUI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Andri Wicaksono STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Hendra Saputra STKIP PGRI Bandar Lampung

DOI:

https://doi.org/10.52217/lentera.v14i2.523

Keywords:

Strengthening Character Education, National Mental Revolution Movement, Indonesia language teaching and learning

Abstract

Strengthening Character Education has become a breath of fresh air for the implementation of education. Character has become an obligation to be fostered continuously and needs to be directed until it is actually on track. For this reason, students need guidance and direction regarding the path that must be taken in the present and in a reflective way for the future. With the introduction of character education and its strengthening in learning, students will be patterned and systematized their behavior in a direction that is in accordance with the norm. The end result is to become Indonesian people with noble character and in accordance with the spirit of the National Mental Revolution Movement.

References

Firmansyah, Dedy. (2018) Integrasi Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Prosiding SENASBASA (Seminar Nasional Bahasa dan Sastra). Malang: Universitas Muhammadiyah Malang, pp. 47-51, http://research-report.umm.ac.id/index.php/SENASBASA

Hasan, Said Hamid; dkk. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kemdiknas, Pusat kurikulum.

Herfanda, A. Y. (2008). ”Sastra sebagai Agen Perubahan Budaya” dalam Bahasa dan Budaya dalam Berbagai Perspektif, Anwar Effendi, ed. Yogyakarta: FBS UNY dan Tiara Wacana.

Hidayatullah, M Furqon. (2010). Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.

Isbadrianingtyas, N., Hasanah, M., & Mudiono, A. (2016). Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(5), 901–904.

Koesoema, Albertus Doni. (2010). Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman. Global. Jakarta: Garsindo.

Lickona, Thomas. (1991). Educating for Character: How Our School Can Do Teach Respect and Responsibility. New York: Brantam Book.

Maisaro, Atik; Wiyono, Bambang Budi; Arifin, Imron. (2018). Manajemen Program Penguatan Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. JAMP: Jurnal Adminitrasi dan Manajemen Pendidikan, Volume 1 Nomor 3 September 2018, Tersedia Online di http://journal2.um.ac.id/index.php/jamp/

Majid, Abdul dan Andayani, Dian. (2011). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Manurung, Adi Syahputra; Agusman; Siregar, Junifer. (2017). Paradigma Pendidikan Karakter melalui Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Era Global. Prosiding Seminar Nasional "Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Konteks Global" pada tanggal 22 Maret 2017 di Gedung Soetardjo Universitas Jember. Jember: PBSI FKIP Universitas Jember.

Maswardi, Muhammad Amin. (2011). Pendidikan Karakter Anak Bangsa. Jakarta: Baduose Media Jakarta.

Mulyasa, H.E. (2014). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Murtaba, Marniati. (2019). "Bahasa Indonesia dan Penguatan Pendidikan Karakter". Artikel (Online), https://www.labrita.id/berita/bahasa-indonesia-dan-penguatan-pendidikan-karakter, diunduh pada 20 November 2020.

Musawwamah, Siti dan Taufiqurrahman. (2019). Penguatan Karakter Dalam Pendidikan Sistem Persekolahan (Implementasi PERPRES Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter). Nuansa: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Kegamaan Islam, Vol. 16 No. 1 Januari – Juni 2019, DOI: 10.19105/nuansa.v16i1.2369.

Musfiroh, Tadkiroatun. (2008). “Pengembangan Karakter Anak Melalui Pendidikan Karakter dalam Tinjauan Berbagai Aspek Character Building, Bagaimana Mendidik Anak Berkarakter?, Seto Mulyadi, dkk., Yogyakarta: Tiara Wacana, pp.25-35.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan Formal

Samani, Muchlas dan Hariyanto. (2011). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Santrock, J.W. (1995). Live Span Development, (Alih bahasa: Achmad Chusairi dan Yuda Damanik). Jakarta: Erlangga.

Septiana, Tri Ilma. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Dan Sastra. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, [S.l.], v. 3, n. 01, p. 83-96, feb. 2017. ISSN 2654-3575. Available at: <http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/geneologi/article/view/230>.

Sidi, Indra Djati. (2001). Menuju Masyarakat Belajar: Menggagas Paradigma Baru Pendidikan. Jakarta: Paramadina Press.

Sujatmiko, Ilham Nur; Arifin, Imron; Sunandar, Asep. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter di SD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, Volume: 4 Nomor: 8 Bulan Agustus Tahun 2019, pp. 1113—1119.

Sunendar, Dadang, dkk. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi Kelima). Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Suyanto. (2010). “Urgensi Pendidikan Karakter”. Artikel (onlinee), www.kemdiknas.go.id, diunduh pada September 2015.

Syahrul, R. (2008). Representasi Kesantunan Tindak Tutur Berbahasa Indonesia dalam Pembelajaran di Kelas (Kajian Etnografi Komunikasi). Diksi, Vol. 15 No. 2, Juli 2008.

Undang-Undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wardani, Kristi. (2010). “Peran guru dalam Pendidikan Karakte Menurut Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara”. Proceedings of The 4th International Conference on Teacher Education; Join Conference UPI & UPSI Bandung, Indonesia, 8-10 November 2010. H. 237

Wardani, Meita Septiana; Nugroho, Nur Rahmah Irianti; Ulinuha, Muhammad Taufiq. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter dalam Proses Pembelajaran Bahasa Inggris. BULETIN Literasi Budaya Sekolah, Vol 1, No 1, Juli 2019, pp 27-33

Yuningsih, Luh Ade; Nurjaya, I Gede; dan Wisudariani, Ni Made Rai. (2019). Integrasi Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Sawan. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UNDIKSHA, Volume 9 Nomor 1, Februari 2019.

Zuchdi, Darmiyati; Prasetya, Zuhdan Kun; dan Masruri, Muhsinatun Siasah. (2010). Pengembangan Model Pendidikan Karakter Terintegrasi dalam Pembelajaran Bidang Studi Di Sekolah Dasar. Cakrawala Pendidikan, Mei 2010, Th. XXIX, Edisi Khusus Dies Natalis UNY.

Published

2021-10-14

How to Cite

Wicaksono, A., & Saputra, H. . (2021). PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) MELALUI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 14(2), 479–496. https://doi.org/10.52217/lentera.v14i2.523

Issue

Section

Articles