Meningkatkan Hasil Belajar IPS Tema Bumiku Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah melalui Whatsapp Grup di Masa Pandemi Covid-19 pada Siswa Kelas VI SDN 1 Penengahan Bandar Lampung

Authors

  • Pebrinda Pebrinda SDN 1 Penengahan, Bandar Lampung

Keywords:

problem-based learning, learning outcomes, social studies, Whatsapp Group, Covid-19 pandemic

Abstract

The purpose of this classroom action research is to improve social studies learning outcomes for grade VI.A students of SDN 1 Penengahan, Kedaton District, Bandar Lampung City, Semester 2 of the 2019/2020 academic year. The form of this research is classroom action research which consists of 2 cycles, each cycle is carried out three times face-to-face meetings with the research subjects of class VI.A SDN 1 Penengahan students, totaling 33 students. Based on the results of the study, it can be concluded that the application of a problem-based learning model (PBL) assisted by Whatsapp Groups can improve social studies learning outcomes for students of class VI.A SDN 1 Penengahan, Kedaton District, Bandar Lampung City.

References

Darmalaksana, W., Hambali, R., Masrur, A., & Muhlas, M. (2020). AnalisisPembelajaran Online Masa WFH Pandemic Covid-19 sebagai TantanganPemimpin Digital Abad 21. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work FromHome (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1-12.http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30434

Darmin, E .T. (2103). Belajar Dan Pembelajaran. Surabaya: Terbit Terang.

Hamalik, Oemar. (1993). Media Pendidikan Cetakan ke VI. Bandung: Citra Aditya.

Hudoyo, Herman. (1990). Strategi Belajar IPS. Malang: IKIP Malang.

Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Panjiah, E. (2020). PembelajaranDaring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru: Hambatan, Solusi,dan Proyeksi. Karya Tulis Ilmiah, Lembaga Penelitian dan PengabdianKepada Masyarakat UIN Sunan Gunung Djati, 1-8.

Japar, Muhammad & Siska, Yulia. (2019). Buku Ajar Konsep IPS di SD/MI. Bandar Lampung: CV. Anugrah Utama Raharja.

Ruseffendi. (1998). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran IPS untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito

Rusman. (2019). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Setyadin, Bambang & Wiyono, Bambang. (2010). Implementasi PTK bagi guru (Pelatihan Guru Bahasa inggris SMK Model tahun 2010 tanggal 09 desember s.d 6 Desember 2010). Malang: LPMP Universitas Negeri Malang.

Slameto. (1991). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta Sudjana,19 97. Penilaian proses belajar mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Suherman, Erman, dkk. 2101. Strategi Pembelajaran IPS Kontemporer. Bandung: JICA-UPI.

Subroto, B. Suryo. (1996). Proses Belajar Mengajar Disekolah. Jakarat. Rineka Cipta

Suradi. (2106). Upaya Peningkatan Minat Belajar IPS Melalui Metode Belajar Tuntas (Mastery learning). Skripsi-UMS (tidak diterbitkan).

Sutama. (2010). Peningkatan Efektivitas Pembelajaran IPS Melalui Pembenahan Gaya Belajar Guru di SLTP Negeri 18 Surakarta. Tesis Magister PPS. UNY (tidak diterbitkan).

Wicaksono, Andri. (2019). Mencari Karakter Pendidik Yang Ideal Bagi Indonesia (Dalam Cerita dan Realita dari Masa ke Masa). Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol.12, No. 1, (2019), pp. 109-118.

Published

2022-04-04

How to Cite

Pebrinda, P. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Tema Bumiku Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah melalui Whatsapp Grup di Masa Pandemi Covid-19 pada Siswa Kelas VI SDN 1 Penengahan Bandar Lampung. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 15(1), 107–124. Retrieved from https://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/lentera/article/view/567

Issue

Section

Articles