Tantangan dan Peran dari Guru dalam Kurikulum Merdeka Belajar

Authors

  • Muhammad Reza Arviansyah Universitas Sriwijaya
  • Ageng Shagena Universitas Sriwijaya

Keywords:

Tantangan, Peran Guru, Kurikulum Merdeka Belajar

Abstract

Seiring berjalannya waktu tantangan dan peran yang diemban oleh guru tentunya akan turut berubah, salah satunya faktor nya adalah pada perkembangan dalam bidang teknologi yang juga berperan dan dapat mempengaruhi perubahan tersebut. Apalagi jika mengacu pada berbagai kebijakan dalam kurikulum yang ada dan terbaru, tentu hal ini merupakan salah satu hal yang menarik untuk dibahas. Maka dari itu tujuan penulis yang ingin disampaikan pada tulisan ini adalah untuk membahas mengenai tantangan dan peran dari guru itu sendiri tekhususnya dalam menghadapi penggunaan terkait kurikulum merdeka belajar yang merupakan kurikulum terbaru dan akan diterapkan nanti nya. Kemudian terkait sumber data yang digunakan adalah berbagai bentuk litelatur yang tentu berkaitan dengan tema, baik itu berupa buku, artikel, jurnal, dan sumber tulisan lainnya yang berada di internet. Untuk kepenulisannya sendiri, penulis menggunakan metode studi kepustakaan atau library research dengan mencari dan mengumpulkan sumber-sumber data yang relevan, kemudian menyaring sumber yang telah dikumpulkan ini sehingga dapat ditemukan sumber yang paling relevan dengan tema yang akan dikaji atau diangkat, selanjutnya membuat kesimpulan dan mencatat berbagai hal-hal penting dari sumber yang telah ada, dan barulah nanti akan diimplementasikan di dalam bentuk tulisan.

References

Agusnadi, A. (2014). Efektivitas Pemberian Sanksi Bagi Siswa Pada Pelanggaran Tata Tertib Di Smp 2 Kapuas Timur Kabupaten Kapuas. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 4(8), 121400.

Andina, E. (2018). Efektivitas Pengukuran Kompetensi Guru. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 9(2), 204–220. https://doi.org/10.46807/aspirasi.v9i2.1103

Andriani, W. (2013). Pentingnya Perkembangan Pembaharuan Kurikulum dan Permasalahannya Oleh.

Babuta, A. I., & Rahmat, A. (2019). Peningkatan Kompetensi Pedagodik Guru Melalui Pelaksanaan Supervisi Klinis Dengan Teknik Kelompok. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 1–28. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v3i1.496

Bahri, S. (2017). Pengembangan Kurikulum Dasar Dan Tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1), 15. https://doi.org/10.22373/jiif.v11i1.61

Evi Hasim. (2020). Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Perguruan Tinggi Di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Webinar Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo “Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Ilmiah Menuju Anak Merdeka Belajar,” 68–74.

Hadi, N. F., & Khojir. (2021). Analysis of the Relationship between “ merdeka belajar” and the Progressivism Philosophy. Almufi Journal of Measurement, Assessment, and Evaluation Education, 1(2), 106–114.

Hidayat, T., Firdaus, E., & Abdul Somad, M. (2019). MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM TYLER DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 5(2), 197–218.

Indriyanto, B. (2012). Pengembangan Kurikulum Sebagai Intervensi Kebijakan Peningkatan Mutu Pendidikan. 18(4), 440–453.

Mulyasa, E. (2021). Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar (L. I. Darojah (ed.)). PT Bumi Aksara.

Muniarti, Sibagariang, D., & Sihotang, H. (2021). Peran guru penggerak dalam pendidikan merdeka belajar di indonesia. Jurnal Dinamika Indonesia.

Nasution, S. W. (2022). Assesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 136–142. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.181

Rasimin. (2018). Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis Kualitatif (pp. 1–37). http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/4494/1/METODOLOGI PENELITIAN Pendekatan Praktis Kualitatif.pdf

Roqib, M., & Nurfuadi. (2020). Kepribadian Guru Upaya Mengembangkan Kepribadian Guru yang Sehat di Masa Depan. http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/7229

Rouf, M., Said, A., & Riyadi, D. E. (2020). PENGEMBANGAN KURIKULUM SEKOLAH: KONSEP, MODEL DAN IMPLEMENTASI Muhammad. Al-Ibrah, 5(2), 24–41.

Sherly, Dharma, E., & Sihombing, H. B. (2020). Merdeka belajar: kajian literatur.

Siregar, N., Sahirah, R., & Harahap, A. A. (2020). KONSEP KAMPUS MERDEKA BELAJAR DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 141–157.

Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. 13–28.

Sutisna, D., & Widodo, A. (2020). Peran Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Daring. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 9(2), 58–64.

Wicaksono, Andri. (2019). MENCARI KARAKTER PENDIDIK YANG IDEAL BAGI INDONESIA (Dalam Cerita dan Realita dari Masa ke Masa). Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1, 109-118. Retrieved from http://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/lentera/article/view/102

Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.515

Zein, M. (2016). Peran Guru Dalam Pengembangan Pembelajaran. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 5(2), 274–285. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Inspiratif-Pendidikan/article/view/3480

Published

2022-04-14

How to Cite

Arviansyah, M. R., & Shagena, A. . (2022). Tantangan dan Peran dari Guru dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 15(1), 219–232. Retrieved from https://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/lentera/article/view/603

Issue

Section

Articles