Upaya Meningkatkan Kemampuan Profesionalisme Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran melalui Supervisi Akademik SMA Negeri 3 Metro

Authors

  • Ibnu Bud Cahyana SMA Negeri 3 Metro

Keywords:

academic supervision, teacher professionalism

Abstract

This study aims to improve the professionalism of teachers in learning through academic supervision. Analysis of technical action data in academic supervision was analyzed descriptively comparatively, by comparing the data in the initial conditions, cycle 1, cycle 2 and cycle 3. Tools and data collection by observation, interviews,. The method used is observation, documentation, and ongoing guidance. Results and discussion of improving academic supervision in improving teacher professionalism. The pre-cycle pedagogical ability totaled 396.9 (65.98%), in the first cycle it increased to 462.5 (77.08%), the second cycle got an average score of 83.32%, and the third cycle got an average score 97.92%. The teacher's professional ability in the first cycle was 68% on average, the second cycle was 91.68% on average, and the third cycle increased to 125.69%.

References

Akhyar Lubis,Syaiful. (2006), Dasar-Dasar Kependidikan, Bandung: Citapistaka Media,

Anggoro, M. Toha, 2008. Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka

Asmani, Jamal Ma’ruf, 2012. Tips Efektif Supervisi Pendidikan Sekolah, Yogyakarta: DIVA Press

Arifin,Mohammad dan Barnawi, 2014. Meningkatkan Kinerja Pengawas

Sekolah: Upaya Upgrade Kapasitas Kerja Pengawas Sekolah, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Annurahman, 2016. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Depdiknas, 2003. Kompetensi Guru. Jakarta: Direktorat Tendik

Depdiknas . 2005. Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdikbud.

Depdiknas . 2008.Metode dan Teknik Supervisi. Jakarta: Dekpdiknas.,

Kunandar. 2007. Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan

Pendidikan dan sukses dalam sertifikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Majid, Abdul. 2005. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar

Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya

Mulyasa. 2007. Menjadi Guru Profesional : Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung : Remaja Rosdakarya

Mulyasa. (2012), Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta: PT Bumi Aksara

Nuris, Dudung Ma'ruf. 2010. Pengaruh Kompetensi Guru Akuntansi dan

Pemanfaatan Media Pembelajaran terhadap Prestasi Siswa. Surabaya: Poltekbang.

Sukmadinata, Nana Syaodih,2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosda Karya

Saud,Udin Syaefudin, 2010. Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Alfabeta

Suryosubroto,B. 2010. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Suprihatiningrum, 2014. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Uno, Hamzah. 2007. Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara

Wirahadi. Kriteria untuk Menjadi Guru Profesional. https://wirahadie.com/kriteria-untuk-menjadi-guru-profesional/diakses tanggal 15 Juli 2018.

Winaryati Eni. (2014), Evaluasi Supervisi Pembelajara. Jakarta: Graha Ilmu

Wau,Yasaratodo. (2017), Profesi Kependidikan, Medan: Gedung Lembaga Penelitian

Published

2022-10-13

How to Cite

Cahyana, I. B. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Profesionalisme Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran melalui Supervisi Akademik SMA Negeri 3 Metro . Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 15(2), 515–528. Retrieved from https://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/lentera/article/view/902

Issue

Section

Articles