Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Soal-Soal HOTS Tentang Ruang Lingkup Sejarah pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X SMAN 1 Inderalaya

Authors

  • Mizharotul Fuadiyah Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.52217/lentera.v17i1.949

Keywords:

Soal, HOTS, SMA, Sejarah

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan yang dibutuhkan dalam pembelajaran abad 21 terutama pembelajaran sejarah, namun kemampuan berpikir siswa Indonesia masih rendah. Hal itu dibutkitan dengan hasil PISA 2015. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana cara siswa menjawab soal-soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) dan menganalisis tingkat kemampuan berpikir kritis siswa melalui soal-soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) tentang sumpah pemuda dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Data yang digunakan adalah hasil angket terkait penyusunan soal HOTS (Higher Order Thinking Skills), hasil uji soal-soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) siswa kelas X SMAN 1 Indralaya, dan hasil wawancara dengan siswa. Soal yang diujikan adalah soal sejarah peminatan dengan level kognitif C4 pada dimensi kognitif konseptual dan metakognitif. Soal ini disusun berdasarkan indikator berpikir Ennis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa masih belum mampu mencapai seluruh indikator berpikir kritis Ennis. Untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, siswa perlu dibiasakan menggunakan soal berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) dalam menjawab soal sumpah pemuda pada pembalajaran sejarah.

References

Faridah, E. M. I. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Soal-Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) Mata Pelajaran Sejarah Kelas X-IPS SMAN 2 SIDOARJO. Avatara, 8(2).

Rizkiah, R. (2018). PENGARUH PENERAPAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH DAARUL AITAM PALEMBANG (Doctoral dissertation, UIN RADEN FATAH PALEMBANG).

Widana, I. W. (2017). Modul penyusunan soal higher order thinking skill (HOTS).

Masruroh, L. (2020). Modul pembelajaran SMA sejarah kelas X: sejarah sebagai ilmu, peristiwa, kisah, dan seni.

Ali. R. Moh. 2005. Pengantar Ilmu Sejarah Indonesia. diterbitkan pertama kali 1963 oleh Bharata Jakarta. Yogyakarta: LKIS

Masruroh, L. (2020). Modul pembelajaran SMA sejarah kelas X: sejarah sebagai ilmu, peristiwa, kisah, dan seni.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2014. (Edisi Revisi) Sejarah Indonesia Kelas X. Jakarta: Politeknik Negeri Media Kreatif.

Djoned Poesponegoro, Marwati, dan Nugroho Notosusato. 2009.

Sejarah Nasional Indonesia I. Jakarta: Balai Pustaka. 3.

Hapsari Ratna.2013.Sejarah Indonesia untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta : Erlangga

Hermawan dan Saraswati Ufi.2014.Buku Siswa, Sejarah 1 untuk SMA/MA Kelas X Kurikulum 2013 yang disempurnakan, Peminatan Ilmu Sosial. Jakarta: Yudistira

Kuntowijoyo.2013. Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta : Tiara Wacana

Published

2024-06-27

How to Cite

Fuadiyah, M. (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Soal-Soal HOTS Tentang Ruang Lingkup Sejarah pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X SMAN 1 Inderalaya. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 17(1), 89–96. https://doi.org/10.52217/lentera.v17i1.949

Issue

Section

Articles