MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU KELAS MENGIMPLEMENTASIKAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS MULTIKULTURAL

Authors

  • Suyono SD Negeri 2 Surabaya

Keywords:

Character Education, Multicultural, Principals and Teachers

Abstract

The research aims to describe character education in schools in the implementation of multicultural-based character education. The method used is mentoring, observation, and product assessment. The results of the teacher's work product assessment achieved an A score of 61.11%; B 38.89%; C 0%, for the learning scenario, the score A is 83.33%; B 16.67%; C 0%, for extracurricular programs that include multicultural character education. The results of teacher observations prove the ability of teachers to carry out character education in their classes with an average score of 83.33%. The results of observations show that the implementation of extracurricular activities achieves an average score of 84.72%, so that the indicators of research success have been achieved.

References

Abdullah, Aly. 2003. “Menggagas Pendidikan Islam Multikultural di Indonesia”, dalam Jurnal Ishraqi, Volume II Nomor 1, Januari-Juli 2003, hlm. 60-73.

A. Effendi Sanusi. (2009). Pendidikan multikultural dan implikasinya. dapat diaksessecaraOn-linedihttp://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:6FMwbXGeRoJ:log.unila.ac.id/effendisanusi/%3Fp%3D412+pendidikan+multikltural&cd=4&hl=id& ct=clnk&gl=id

Akhmad Sudrajat. (2008). Wacana pendidikan multikultural di Indonesia. dapat di akses secara on-line dihttp://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:ZQxIWIdPTmcJ: akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/04/04/wacana-pendidikanmultikultural- diindonesia/+ pendidikan+multikultural&cd=3&hl=id&ct=clnk&gl=id

Azra, A .(Agustus 2007). Keragaman Indonesia: Pancasila dan multikulturalisme, makalah yang disampaikan pada Semiloka Nasional “Keragaman Suku, Agama, Ras, Gender sebagai Modal Sosial untuk Demokrasi dan Masyarakat Madani: Resiko, tantangan dan Peluang”. Diselenggarkan oleh Fakultas Psikologi UGM dengan Institute for Community Behavioral Change (ICBC) dan Konrad Adenauer Stiftung (KAS) di Yogyakarta 13 Agustus2007.

Banks, J. A . 2001, Handbook of Research on Multicutural Education

Cardinas, Jose A.. (1975). Multicultural education: A generation of advocacy. America: Simon & Schuster Custom Publishing.

Direktorat Pembinaan SMA. ( 2010). Bahan Bimtek Standar Nasional Pendidikankurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Kementrian Pendidikan Nasional Republik Indonesia Jakarta.

Iis Arifudin. (2007). Urgensi Implementasi Pendidikan Multikultural di Sekolah. Jurnal Pemikiran Alternatif Pendidikan P3M STAIN Purwokerto INSANIA. Mei-Agustus 2007/220-233.

Lasmawan, W. (2004). Pengembangan model pendidikan berdemokrasi dalam pembelajaran PKn di Sekolah Dasar. (Laporan Penelitian). Singaraja: Lembaga Penelitian IKIP Negeri Singaraja

Naim, N. (2008). Pendidikan Multikultural dalam Tinjauan Pedagogik. Dapat diakses melaluihttp://maulanusantara.wordpress.com/2008/04/30/pendidikanmultikultural- dalam-tinjauan-pedagogik/. Diakses 4 Oktober 2017

Nasruddin, I. (2010). Menggagas pendidikan multikultural, dapat diakses secara online pada http://www.sunangunungdjati.com/blog/?p=10836. Diakses 4 Oktober 2017

Sarilan dan Tsabit Azinar Ahmad. (2009). Urgensi pendidikan multikultural, Makalah Tugas Mata Kuliah Landasan Ilmiah Pendidikan Program Studi Pendidikan Sejarah Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret dapat diakses secara on-line pada http://www.scribd.com/doc/24643744/Urgensi-Pendidikan-Multikultural-Di- Indonesia. Diakses 4 Oktober2017

Sudarminta, J. 2011. Pendidikan multikultural : pengertian, sejarah, tujuan, persoalan pokok dan relevansinya untuk Indonesia. Materi Kuliah Epistemologi Kultural Program Doktor Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Suyatno, 2006). Dinamika pendidikan nasional : dalam percaturan dunia global. Jakarta: PSAP Muhammadyah.

Smith, Mark K. (2002). Curriculum Theory and Practice, dalam http://www.infed.org/biblio/b-curric.htm. Diakses 4 Oktober 2017

Ramli Zakaria. 2001. Pendekatan-Pendekatan Pendidikan Nilai dan Implementasi dalam Pendidikan Budi Pekerti. (http://www.pdk.go.id/balitbang/Publikasi/Jurnal/No_026). (Diunduh 20 September 2017)

Starr, Linda. (2004). Creating a Climate for Learning: Effective Classroom Management Technique, dalam http://www.educationworld.com/a_curr/curr155.shtml. Diakses 4 Oktober 2017

Tan, S. (2010). Pendidikan

Multikulturalisme : Solusi Ancaman Disintegrasi Bangsa. Yayasan Perguruan Sultan Iskandar Muda, Medan. Diakses dari internet 6 Oktober 2017

Tilaar, H.A.R., (2002). Perubahan sosial dan pendidikan : pengantar paedagogik transormatif untuk Indonesia. Jakarta :Grasindo.

Yani Kusmarni. (2010). Pendidikan Multikultural suatu Kajian tentang Pendidikan Alternatif di Indonesia untuk Merekatkan Kembali Nilai-Nilai Persatuan, Kesatuan dan Berbangsa di Era Global. Diakses dari internet 4 Oktober 2017.

Downloads

Published

2022-09-20

How to Cite

Suyono. (2022). MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU KELAS MENGIMPLEMENTASIKAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS MULTIKULTURAL. Storia: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Humaniora, 3(2), 92–99. Retrieved from https://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/storia/article/view/938

Issue

Section

Articles