PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SMART CONCEPT MAP BERBASIS HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILL) MENGGUNAKAN QUICK RESPOND CODE

Authors

  • Cynthia Universitas PGRI Silampari
  • Sukasno Universitas PGRI Silampari
  • Reny Wahyuni Universitas PGRI Silampari

DOI:

https://doi.org/10.52217/epsilon.v3i2.846

Keywords:

HOTS, QR Code, Smart Concept Map

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis peta konsep cerdas berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) menggunakan kode respon cepat pada materi barisan aritmetika dan deret di kelas X SMK Negeri 3 Lubuklinggau tahun ajaran 2021/2022 yang memenuhi valid, praktis, dan memiliki aspek efek potensial. Metode penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 3 Lubuklinggau dengan sampel atau subjek penelitian berjumlah 10 orang di kelas X RPL 1. Teknik pengumpulan yang digunakan berupa angket validitas ahli, angket tentang kepraktisan guru dan siswa serta instrumen soal HOTS. Teknik analisis data yang digunakan adalah data kuantitatif. Hasil penelitian melalui validasi oleh ahli yaitu: ahli bahasa, ahli materi dan ahli media didapatkan bahwa media yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid dengan skor rata-rata 4,31 sedangkan hasil analisis penilaian angket kepraktisan media memenuhi kriteria sangat praktis dengan rata-rata skor rata-rata 4,50 dan memenuhi kriteria karakteristik efek potensial dengan skor 70%. Media yang dihasilkan dari penelitian ini adalah media pembelajaran interaktif sebagai bahan ajar yang dapat mendukung pembelajaran matematika dalam hal pemahaman konsep dan sesuai dengan tujuan pembelajaran dalam penerapan kurikulum yang berlaku. Hasil penelitian melalui validasi oleh ahli yaitu: ahli bahasa, ahli materi dan ahli media didapatkan bahwa media yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid dengan skor rata-rata 4,31 sedangkan hasil analisis penilaian angket kepraktisan media memenuhi kriteria sangat praktis dengan rata-rata skor rata-rata 4,50 dan memenuhi kriteria karakteristik efek potensial dengan skor 70%. Media yang dihasilkan dari penelitian ini adalah media pembelajaran interaktif sebagai bahan ajar yang dapat mendukung pembelajaran matematika dalam hal pemahaman konsep dan sesuai dengan tujuan pembelajaran dalam penerapan kurikulum yang berlaku. Hasil penelitian melalui validasi oleh ahli yaitu: ahli bahasa, ahli materi dan ahli media didapatkan bahwa media yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid dengan skor rata-rata 4,31 sedangkan hasil analisis penilaian angket kepraktisan media memenuhi kriteria sangat praktis dengan rata-rata skor rata-rata 4,50 dan memenuhi kriteria karakteristik efek potensial dengan skor 70%. Media yang dihasilkan dari penelitian ini adalah media pembelajaran interaktif sebagai bahan ajar yang dapat mendukung pembelajaran matematika dalam hal pemahaman konsep dan sesuai dengan tujuan pembelajaran dalam penerapan kurikulum yang berlaku. ditemukan bahwa media yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid dengan skor rata-rata 4,31 sedangkan hasil analisis penilaian angket kepraktisan media memenuhi kriteria sangat praktis dengan rata-rata skor rata-rata 4,50 dan memenuhi kriteria karakteristik efek potensial dengan skor 70%. Media yang dihasilkan dari penelitian ini adalah media pembelajaran interaktif sebagai bahan ajar yang dapat mendukung pembelajaran matematika dalam hal pemahaman konsep dan sesuai dengan tujuan pembelajaran dalam penerapan kurikulum yang berlaku. ditemukan bahwa media yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid dengan skor rata-rata 4,31 sedangkan hasil analisis penilaian angket kepraktisan media memenuhi kriteria sangat praktis dengan rata-rata skor rata-rata 4,50 dan memenuhi kriteria karakteristik efek potensial dengan skor 70%. Media yang dihasilkan dari penelitian ini adalah media pembelajaran interaktif sebagai bahan ajar yang dapat mendukung pembelajaran matematika dalam hal pemahaman konsep dan sesuai dengan tujuan pembelajaran dalam penerapan kurikulum yang berlaku. 50 dan memenuhi kriteria karakteristik efek potensial dengan skor 70%. Media yang dihasilkan dari penelitian ini adalah media pembelajaran interaktif sebagai bahan ajar yang dapat mendukung pembelajaran matematika dalam hal pemahaman konsep dan sesuai dengan tujuan pembelajaran dalam penerapan kurikulum yang berlaku. 50 dan memenuhi kriteria karakteristik efek potensial dengan skor 70%. Media yang dihasilkan dari penelitian ini adalah media pembelajaran interaktif sebagai bahan ajar yang dapat mendukung pembelajaran matematika dalam hal pemahaman konsep dan sesuai dengan tujuan pembelajaran dalam penerapan kurikulum yang berlaku.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Cynthia, Sukasno, & Wahyuni, R. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SMART CONCEPT MAP BERBASIS HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILL) MENGGUNAKAN QUICK RESPOND CODE . Epsilon: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 53–62. https://doi.org/10.52217/epsilon.v3i2.846

Issue

Section

Articles