IMPLEMENTASI KURIKULUM JSIT INDONESIA DI SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.52217/epsilon.v3i2.913Keywords:
kurikulum JSIT, Prinsip, ImplementasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengertian, karakteristik, dan implementasi kurikulum JSIT. Studi pustaka digunakan sebagai metode dalam penelitian. Data tersebut diambil, dikumpulkan, dan dianalisis dari buku dan jurnal ilmiah yang memiliki topik sejenis, kemudian dibuat menjadi tulisan dan kesimpulan. Hasil kajian menunjukkan bahwa kurikulum khusus Madrasah Ibtidaiyah Terpadu bersifat mandiri. Karakteristik kurikulum JSIT pada standar kelulusan ditargetkan memenuhi tujuh aspek. Standar proses memiliki prinsip yaitu Serve, Internalize, dan Implement. Prinsip penilaian standar penilaian terpadu adalah terintegrasi, evaluatif, andal, proporsional, otentik, detail, dan universal. Implementasi kurikulum internalisasi nilai-nilai Islam pada semua mata pelajaran,