PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (Team Assisted Individualization) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA

Authors

  • Saminah SDN 1 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.52217/epsilon.v4i2.926

Keywords:

Learning Outcomes, Science Lessons, Type of TAI

Abstract

Tujuan penelitian mendeskripsikan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Prosedur penelitian meliputi 2 siklus, terdiri atas 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) mampu meningkatkan hasil belajar siklus I pertemuan 1 nilai rata-rata 48,24, siklus I pertemuan 2 68,24, siklus II pertemuan 1 rata-rata 76,47 dan siklus II pertemuan 2 menjadi 87,06. Ketuntasan klasikal pada pertemuan 2 siklus sebesar 94,12 % dari indikator yang diharapkan 80% siswa tuntas.

 

Downloads

Published

2023-02-22

How to Cite

Saminah. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (Team Assisted Individualization) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA . Epsilon: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2). https://doi.org/10.52217/epsilon.v4i2.926

Issue

Section

Articles