PERSPEKTIF HAKIKAT FILSAFAT DALAM ILMU PENDIDIKAN MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.52217/epsilon.v3i2.942Abstract
Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan mulai dari pendidikan dasar hingga menengah matematika dapat dijadikan sebagai alat yang diterapkan untuk memudahkan pekerjaan secara ekonomis efektif dan efisien oleh karena itu matematika dapat dipandang sebagai ilmu dasar yang harus dikuasai oleh siswa karena memiliki banyak kegunaan. dalam kehidupan nyata pembelajaran matematika merupakan kegiatan dengan tujuan untuk mengembangkan bakat dan potensi setiap siswa yang dilakukan secara sadar terencana dan terpola artikel ini memperoleh hasil kajian tentang hakikat filsafat pendidikan matematika di sekolah yaitu filsafat sistematik dengan perincian pertama secara epistemologi matematika di sekolah meliputi refleksi siswa manusia kedua matematika ontologi di sekolah meliputi pernyataan matematika simbol dan angka ketiga metodologi matematikameliputi metode-metode yang digunakan dalam matematika, keempat logika matematika yang meliputi struktur logika dalam penulisan matematika dan kelima implikasi matematika di sekolah mengenai penerapan matematika ilmiah menurut pribadi individu dalam melakukan perhitungan bilangan dan penerapan teorema dan rumus.