PERSPEKTIF HAKIKAT FILSAFAT DALAM ILMU PENDIDIKAN MATEMATIKA

Authors

  • Ani Nurdiana Universitas Lampung
  • Tri Jalmo Universitas Lampung
  • Sudjarwo Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.52217/epsilon.v3i2.942

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan mulai dari pendidikan dasar hingga menengah matematika dapat dijadikan sebagai alat yang diterapkan untuk memudahkan pekerjaan secara ekonomis efektif dan efisien oleh karena itu matematika dapat dipandang sebagai ilmu dasar yang harus dikuasai oleh siswa karena memiliki banyak kegunaan. dalam kehidupan nyata pembelajaran matematika merupakan kegiatan dengan tujuan untuk mengembangkan bakat dan potensi setiap siswa yang dilakukan secara sadar terencana dan terpola artikel ini memperoleh hasil kajian tentang hakikat filsafat pendidikan matematika di sekolah yaitu filsafat sistematik dengan perincian pertama secara epistemologi matematika di sekolah meliputi refleksi siswa manusia kedua matematika ontologi di sekolah meliputi pernyataan matematika simbol dan angka ketiga metodologi matematikameliputi metode-metode yang digunakan dalam matematika, keempat logika matematika yang meliputi struktur logika dalam penulisan matematika dan kelima implikasi matematika di sekolah mengenai penerapan matematika ilmiah menurut pribadi individu dalam melakukan perhitungan bilangan dan penerapan teorema dan rumus.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Nurdiana, A., Jalmo, T., & Sudjarwo. (2021). PERSPEKTIF HAKIKAT FILSAFAT DALAM ILMU PENDIDIKAN MATEMATIKA. Epsilon: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 70–78. https://doi.org/10.52217/epsilon.v3i2.942

Issue

Section

Articles