Pemerolehan Leksikon pada Anak Usia 2 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.52217/ksatra.v4i1.561Keywords:
pemerolehan bahasa, leksikonAbstract
This study aims to describe knowing how children's ability to acquire language, seen from the acquisition of the lexicon in children aged 2 years. The data in this study is the child's speech ability after 2 years. This study used a qualitative descriptive design. The results of this study, children aged 2 years have been able to pronounce according to the language he mastered, thus children aged 2 years can say what words he got from the language where he got both from his family and the surrounding environment by using lexicon acquisition.
References
Chaer. (2007). Linguistik umum. Jakarta: Rineka Cipta.
Dardjowidjojo. (2000). Echa: kisah pemerolehan bahasa anak Indonesia. Jakarta: Grasindo.
Kridalaksana. (2002). Struktur, kategori, dan fungsi dalam teori sintaksis. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.
Manurung, R. (2014). Pemerolehan bahasa pada anak usia 4-5 tahun dengan stimulasi games edukasi. Ranah, 3(1).
Mayasari. (2018). Publikasi bentuk fungsi dan kategori sintaksis tuturan masyarakat Manduro sebagai pendukung perkembangan bahasa anak usia dini. Jurnal Obsesi, 2(1).
Mushaitir. (2016). Pemerolehan sintaksis (B1) bahasa Sasak pada anak usia 4-6 tahun di Lombok Timur melalui permainan tradisional. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 16(1).
Nurjamiaty. (2015). Pemerolehan bahasa anak usia tiga tahun berdasarkan tontonan kesukaannya ditinjau dari konstruksi semantik. Jurnal Edukasi Kultura, 2(2).
Nursalam & Nurhikmah. (2018). Representasi kalimat pada tuturan anak usia 3,6 tahun. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 11(2).
Parera. J.d. 1993. Pengantar Linguistik Umum: Bidang Fonetik dan Fonemik. Ende Flores: Nusa Indah.
Solehan. (2011). Pendidikan bahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka.
Yogatama, A. (2011). Pemerolehan bahasa pada anak usia 3 tahun ditinjau dari sudut pandang morfosintaksis. LENSA, 1(1).
Yuniarsih. (2013). Pemerolehan kalimat bahasa Indonesia pada anak usia 3;0- 4;0 tahun (studi kasus pada Muhamad Ahsan Hafiz). Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 1(2).