PENGGUNAAN ALAT PERAGA TABEL PERKALIAN 2-9 DALAM MENINGKATKAN KEBERHASILAN BELAJARSISWA KELAS III SDN 4 KOTAKARANG

Authors

  • Azimah Azimah SDN 4 Kotakarang

Keywords:

pembagian cara bersusun, alat peraga, tabel perkalian 2–9

Abstract

Alat peraga dalam pembelajaran matematika amat dibutuhkan untuk membantu siswalebih cepat memahami materi pembelajaran. Pada penelitian kali ini disampaikan manfaat alat peraga papan tabel perkalian2-9. Alat peraga inihasil kreasi modifikasi penulis dari tabel perkalian 1-10 yang sering dipakai siswadalam pembelajaran perkalian. Alat peraga ini dibuat dan dipakaidalam rangka meningkatkan keberhasilan pembelajaran pembagian cara bersusun pada siswa kelas III SDN 4 Kotakarang. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah Siswa kelas III SDN 4 Kotakarang. Pengumpulan data ini meliputi pretes, postes, dan observasi terhadap perhatian siswa dalam pembelajaran. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penguasaan konsep pembagian cara bersusun mengalami peningkatan yang dibuktikan dengan nilai siswa yang masuk kategori baik dan sangat baik hanya 60% dari hasil siklus I menjadi 77,2% dari hasil siklus III. 2). Perhatian siswa pada pembelajaran pembagian cara bersusun juga mengalami peningkatan sesuai dengan pengamatan melalui instrument yang telah disiapkan pada siklus I dengan rata-rata tingkat perhatian siswa dengan kategori baik ada 80,4% meningkat menjadi 90,9% pada siklus III

References

DAFTAR PUSTAKA

Akhsin, Nur, dkk. (2004). Matematika kelas 4 Sekolah Dasar, Penerbit Cempaka Putih, Klaten.

Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Panduan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Badan Standar Nasional Pendidikan, Jakarta.

Ibrahim, Rusli. (2001). Landasan Psikologis Pendidikan Jasmani, Dirjen Olah Raga, Depdiknas, Jakarta.

Masrukun. (2004). Matematika dan Alat Peraga, Fasilitator, Jakarta.

Sinaga, Mangatur,dkk. (2007). Terampil Berhitung Matematika untuk SD Kelas IV, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Sukarman, Heri. (2004). Pengembangan dan Inovasi Pendidikan Matematika di Sekolah Dasar dan Permasalahannya, Fasilitator, Jakarta.

Sumantri, Mulyana dan Syaodih, Nana.(2006). Pekembangan Peserta Didik, Universitas Terbuka, Jakarta.

Supriyoko. (2004). Mitos Matematika di Sekolah Dasar, Fasilitator, Jakarta.

Downloads

Published

2018-10-16

How to Cite

Azimah, A. (2018). PENGGUNAAN ALAT PERAGA TABEL PERKALIAN 2-9 DALAM MENINGKATKAN KEBERHASILAN BELAJARSISWA KELAS III SDN 4 KOTAKARANG. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(2), 49–64. Retrieved from https://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/lentera/article/view/432

Issue

Section

Articles