UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUIMETODE ROLE PLAYING MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS VISDN 2 KOTAKARANG

Authors

  • Nuraidi Nuraidi SDN 2 Kota Karang

Keywords:

metode role playing, pembelajaran PKn

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Clasroom Action Research), tujuannya adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKn). Subyek penelitian adalah siswa kelas VI SDN 2 Kotakarangyang berjumlah 33 siswa.Pokok permasalahan yang diangkat adalahpeningkatan motivasi belajar melalui metode Role Playing dalam pelaksanaan pembelajaran PKn. Dari hasil penelitian siklus 1 ke siklus 2 mengalami peningkatan yang signifikan, yaitu nilai rata-rata dari 71,94 menjadi 77,03; dari tidak tuntas menjadi tuntas.. Oleh karena itu, sangat disarankan kepada guru agar dalam melaksanakan proses pembelajaran senantiasa menggunakan metode belajar yang salah satunya adalah metode Role Playing

References

DAFTAR PUSTAKA

Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ahmadi, Abu Dan Supriyono, Widodo. 2003. Psikologi Belajar Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2005. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, 1994. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta: Jakarta.

Ebbut & Straker A. 1995. Children and Mathematics,Mathematics in Primary School Part I,London Collins Education

Gagne,Briggs dan Wager.1992. Principle of Instructional Design. Second. Edition, New York:Holt, Rinehart and Winston;

Gulo, W. 2004. Strategi Belajar Mengajar Edisi Revisi IV. Jakarta: Grasindo.

Hamalik, Oemar. 2007. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Angkasa.

Kunandar. 2007. Guru Profesional implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dan sukses dalam sertifikasi guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Kunandar.. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Edisi Revisi. Jakarta: PT Rajawali Pers.

Rohani, Ahmad. 2004. Pengelolaan Pengajaran.. Jakarta: Rineka cipta.

Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Sardiman. 2009. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suderajat, Akhmad. 2008. Pengertian Pendekatan Strategi, Metode, Teknik, Taktik, Dan Model Pembelajaran. (Online). 29 April 2011. (Http://www.Psb-Psma.Org/content/blog/pengertian-pendekatan-strategi-metode-teknik-taktik-dan model pembelajaran).

Downloads

Published

2018-10-19

How to Cite

Nuraidi, N. (2018). UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUIMETODE ROLE PLAYING MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS VISDN 2 KOTAKARANG. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(2), 95–108. Retrieved from https://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/lentera/article/view/435

Issue

Section

Articles