UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUIPEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS V SDN1 SUKARAME

Authors

  • Rupiana Rupiana SDN1 Sukarame

Keywords:

prestasi belajar, pembelajaran IPA, tipe STAD

Abstract

Pembelajaran IPA kelas V SDN1 Sukarame, hasil tes formatif belum memuaskan, minat dan motivasi belajar masih kurang karena pengaruh acara televisi yang menanyangkan film yang bagus-bagus. Pengaruh lingkungan yang kurang mendukung, kurangnya dorongan serta perhatian orang tua, malas mengerjakan PR, dan lalai belajar. Sehingga prestasi dalam pembelajaran IPA kurang memuaskan (masih rendah). Berdasarkan soal itu, maka diadakan penelitian tindakan kelas. Dengan diadakannya PTK, diharapkan dapat meningkatkan minat dan motivasi serta prestasi belajar siswa.Sumber data diperoleh dari aktivitas belajar, hasil belajar dan hasil kerja kelompok. Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik, diperoleh dari penilaian aktivitas belajar, tes formatif, dan penilaian portofolio.Berdasarkan hasil pembahasan diperoleh data keaktifan siswa pada siklus I 66,54%, siklus II 77,01%, dan siklus III 84,65%. Hasil belajar siklus I 72,42%, siklus II 81,035%, dan siklus III 89,66%. Sedangkan hasil kerja kelompok pada siklus I 64,28%, siklus II 78,57%, dan siklus III 85,71%. Tampak terjadi peningkatan dari siklus ke siklus. Maka dapat disimpulkan bahwa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas V SDN1 Sukarame

References

DAFTAR PUSTAKA

BSNP. (2008). Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jenjang Sekolah Dasar. Jakarta: BSNP.

Cahyono. (1996). Pendidikan dan Pelatihan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit IPWI.

Depdikbud. (1994). Kurikulum SD Kelas V. Jakarta: Depdikbud

PP No. 19 tahun 2005

Satyasa,I Wayan. (2007). "Landasan Konseptual Media Pembelajaran". Makalah disajikan dalam Workshop Media Pembelajran bagi guru-guru SMAN Banjar Angkan. Universitas Pendidikan Ganesha.

Slavin, Robert. (2008). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Wardani, I.G.A.K. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas terbuka Departemen Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2018-10-19

How to Cite

Rupiana, R. (2018). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUIPEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS V SDN1 SUKARAME. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(2), 121–136. Retrieved from https://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/lentera/article/view/437

Issue

Section

Articles