KEMAMPUAN MENULIS IKLAN SESUAI OBJEK PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 3 BANDAR LAMPUNG
Keywords:
Menulis iklan sesuai objekAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimanakah kemampuan menulis iklan sesuai objek siswa kelas IX Semester Genap SMP Negeri 3 Bandar Lampung tahun pelajaran 2015/2016.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif mengenai menulis iklan sesuai objek. Sampel berjumlah 30 siswa dari jumlah keseluruhan populasi. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik proportional random sampling. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam indikator Penulisan iklan sederhana mendapatkan hasil yaitu penilaian pada aspek bahasa iklan yang sederhana 63,33% dengan predikat cukup, penilaian pada aspek tidak terduga 40% dengan predikat kurang, penilaian pada aspek menghibur 66,67% dengan predikat cukup, penilaian pada aspek sesuai dengan isi iklan 66, 67% dengan predikat cukup, penilaian pada aspek menarik 59,67% dengan predikat cukup, penilaian pada aspek bisa diterima 81,67% dengan predikat baik, dan total keseluruhan kemampuan siswa dalam menulis iklan layanan dalam masyarakat yaitu 63,19 dengan predikat cukup
References
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto S. (2006).Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Ed Revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta
Lado, Robert. (2001). Pelajaran Menulis (Edisi Terjemahaan). Jakarta : Gramedia.
Lee, Monle & Carla Johnson, (2002). Prinsip-Prinsip Periklanan dalam Perspektif Global. Jakarta : Prenada.
Liang Gie, The. (2002). Terampil Mengarang. Yogyakarta: Andi.
Sulistyowati. (2009). Analisis PengaturKreatifitas Iklan. Pekanbaru.Jurnal Pembelajaran Ekonomi.
Tarigan, Henry Guntur. (2008). Menulis sebagai Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.