Evaluasi Proses Pembelajaran IPA Biologi Berbasis Scientific Approach pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII di SMP Muhammadiyah se-Kecamatan Mergangsan Yogyakarta

Authors

  • Agustina Novita Anggraini Universitas Ahmad Dahlan
  • Nani Aprilia Universitas Ahmad Dahlan

Keywords:

Evaluation, Biology Science Learning Process, Scientific approach

Abstract

This study aims to evaluate the learning process of Biological Science on Environmental Pollution material in class VII Muhammadiyah Junior High Schools in Mergangsan sub-district with a scientific approach. This type of research is evaluation research. The data obtained were analyzed descriptively quantitatively. The results of the study are as follows: 1) The learning process with a scientific approach at SMP Muhammadiyah in Mergangsan sub-district is in accordance with Permendikbud No.103 2014 and Permendikbud No. 22 of 2016. 2) The learning process with the application of the scientific approach at SMP Muhammadiyah in Mergangsan sub-district, the aspects of preliminary activities get a percentage of 76.69% in the "good" category, core activities are 75.57% in the "good" category and 66.67% closing activities category "good".

References

Agus, Suprijono. (2011). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Jaya.

Aprodita, Suwasti. (2015). Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Biologi dengan Pendekatan Saintifik pada Materi System Eksresi Semester II kelas XI MIA 6 di SMA Negeri 1 Sewon Tahun Pelajaran 2014/2015. (skripsi). tidak diterbitkan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.

Arifin, Zainal. (2014). Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Arifin, Zainal. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi VI.Jakarta : Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2017). Pengembangan Penelitian dan Penilaian Program. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Arikunto, Suharsimi. (2018). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Azwar, Syaifuddin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Daryanto. 2014. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Fadhilah, M. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran SD/MI,

SMP/MTS,SMA/MA. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Gustin, Suharno. 2015. Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan

Kewarganegaraan dengan Pendekatan Saintifik. Jurnal Pendidikan IPS.

Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia.

Irnaningtyas. 2013. Biologi Untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta : Erlangga.

Kande, Fredrik., Mukminin Amirul. 2018. Evaluasi Pelaksanaan Standar Proses Pendidikan pada SMP Negeri di Kabupaten Sleman. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Kastinnah, Idun. 2009. Biologi 1 : Makhluk Hidup dan Lingkungannya Untuk

SMA/MA Kelas X. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan

Nasional.

Kemendikbud. 2014. Lampiran Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

____. 2013. Permendikbud RI nomor 81A tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

____. 2016. Permendikbud RI nomor 22 tahun 2016 tentang standar proses pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mansyur. (2009). Asesmen Pembelajaran di Sekolah Cetakan I. Yogyakarta: Multi Presindo.

Mardapi, Djemari. (2012). Pengukuran, Penilaian, dan Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Margono. (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Mayasari, Citra. (2014). Evaluasi Pelaksanaan Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Ekonomi Pada SMA Negeri di Kabupaten Sleman. (skripsi). Fakultas Ekonomi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Priambodo., Okta, Andrias. (2017). Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas VIII SMP Al-Firdaus Sukoharjo.(skripsi).Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Purnawan, Wira., Santiyadnya., Sutaya. (2017). Evaluasi Pelaksanaan Proses Pembelajaran Gambar Teknik Kelas XI TITL di SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Puspitasari, Deisy., Aprilia, Nani. (2015). Evaluasi Perencanaan Proses Pembelajaran Kontekstual pada Mata Pelajaran Biologi di SMP Negeri 1 Kalikajar Kabupaten Wonosobo. Jurnal Jupemasi-Pbio. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan

Rahmawati, Safika., Aprilia, Nani. (2014). Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Biologi Berbasis Inquiry Approach pada Kelas XI IPA di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta Semester Genap Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Jupemasi-Pbio. Yogyakarta : Universitas Ahmad Dahlan

Sabri, Ahmad. (2005). Strategi Belajar Mengajar, Cet. I. Ciputat Press.

Saefuddin., Asis., Ika, Berdiati. (2016). Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Setyawanto, Agung. (2012). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Guru Bahasa Indonesia Tingkat SMP di Kota Malang.(Skripsi). Fakultas Sastra. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sulistyorini, Ari. (2009). Biologi 1 : Untuk Sekolah menengah Atas/Madrasah Aliyah Kelas X. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Suwarno. (2009). Panduan Pembelajaran Biologi Untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Widodo,Wahono. (2017). Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan..

Widoyoko Putro Eko. (2017). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wulandari Desi. (2019). Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Biologi Berbasis Scientific Approach Pada Materi Perubahan Lingkungan Siswa Kelas X MIA Di Sma Negeri Se Kecamatan Ngaglik. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.

Yani, Ahmad. (2014). Mindset Kurikulum 2013. Bandung :Alfabeta.

Published

2021-10-14

How to Cite

Anggraini, A. N. ., & Aprilia, N. . (2021). Evaluasi Proses Pembelajaran IPA Biologi Berbasis Scientific Approach pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII di SMP Muhammadiyah se-Kecamatan Mergangsan Yogyakarta. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 13(2), 357–376. Retrieved from https://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/lentera/article/view/475

Issue

Section

Articles