Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Manajemen Pendidikan Mahasiswa STKIP PGRI Bandar Lampung

Authors

  • Nurdin Hidayat STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

PBL Models, Learning Outcomes, Education Management

Abstract

This Experimental Research aims to determine the Effect of Problem Based Learning Models on Learning Outcomes of Student Management Education in the Economic Education Study Program STKIP PGRI Bandar Lampung. This study uses an experimental method, the population in this study are students of the Economic Education Study Program STKIP PGRI Bandar Lampung, sampling using a purposive random sampling technique, based on the results of the study concluded that There is an Effect of Problem Based Learning Model on Learning Outcomes of Student Education Management STKIP PGRI Bandar Lampung

References

Arikunto, Suharsim dan Yuliana, Lia. (2008). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media.

Assegaf, Asrani dan Sontani, Uep, Tata. (2016). Upaya mneingkatkan kemampuan berpikir analitis melalui problem based learning (PBL). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Diambil dari ttps://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/3263

Darmawan. (2010). Penggunaan Pembelajaran Berbasis Maslaah dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Pembelajaran IPS di MI Darussaadah Pandeglang. Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 11 No. 2.

Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. (2006). Expositions Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Herman, Tatang. (2007). Pembelajaran Berbasis Maslaah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Diambil dari: Educationist Vol 1 No.1 Tersedia: http://103.23.244.11/Direktori/JURNAL?EDUCATIONIST/Vol._1.Januari_2007/6_Tatang_Herman.Pdf

Jaya, Wayan Satria dan Hidayat, Nurdin. (2019). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pranala

Kristianto, Hans dan Hudaya, Tedi. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dalam Mata Kuliah Manajemen Limbah B3. Semarang: Jurnal Pendidikan Sains diambil dari: https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPKIMIA/article/view/3698

Prametasari. (2012). Efektifitas Penggnaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SD Kelas V di SD Gugus Hasanudin Salatiga Semester II Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi [online]. Tersedia: http://respository.library.uksw.edu/bitstream/handle/123456789/773/TI_292008001_BAB%2011.pdf?/sequence=3

Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran Mengembankan Profesionalisme Master. Jakarta: Raja Grafinido

Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Expositons Pendidikan. Jakarta: Kencana Pranada Media Gathering.

Sudarman. (2007). Issue Based Learning: Suati Model Pembelajaran untuk Mengembangkan dan Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Di ambil dari: Jurnal Pendidikan Inovatif Volume 2 No. 2 Tersedia: http://physicmaster.orgfree.com/Artikel%20&%20Jurnal/Wawasan%20Pendidikan/PL%20Model.pdf

Sudijono, Anis. (2008). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo

Sudjana, Nana. (2010). Penilaian Expositioons Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tim Penyusun. (2018). Panduan Akademik STKIP PGRI Bandar Lampung Tahun 2018. Bandar Lampung: STKIP PGRI Bandar Lampung

Wahidmurdi, Alifin Mustikawan dan Ali, Ridho. (2010). Evaluasi Pembelajaran: Kompetensi dan Praktik. Yogyakarta: Nuha Lentera

Wena, Made. (2011). Strategi Pembleajaran Inovatif Konteporer. Jakarta: Bumi Aksara

Widyoko, Eko Putro. (2012). Evaluasi Program Pembelajaran. Yigyakarta: Pustaka Pelajar.

Published

2020-04-13

How to Cite

Hidayat, N. . (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Manajemen Pendidikan Mahasiswa STKIP PGRI Bandar Lampung. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 13(1), 111–122. Retrieved from https://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/lentera/article/view/494

Issue

Section

Articles