Pendekatan Inquiri untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas VI SDN 2 Natar Lampung Selatan

Authors

  • Nildawati Nildawati SDN 2 Natar, Lampung Selatan

Keywords:

inquiry, activity and learning achievement

Abstract

The purpose of this study was to determine the increase in activity and learning outcomes using the Inquiry Approach in class VI SDN 2 Natar in the 2019/2020 academic year. The research method uses Classroom Action Research which consists of 3 cycles, in each cycle there are 3 meetings consisting of 4 stages, namely planning, implementation, observation and reflection. The results showed that the application of the Inquiry approach could improve Civics learning outcomes in Reading Environmental Maps in Class VI students of SDN 2 Natar in the 2019/2020 academic year.

References

Al Fasani, Judi & Naif, Fauzan. (1984). Kunci Sukses Belajar bagi Pelajar dan Mahasiswa. Surabaya: Aneka Ilmu.

Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; dan Supardi. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Departemen Pendidikan Nasional. (2004). Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2002). Rahasia Sukses Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyono, Anton M. (2001). Aktivitas Belajar. Bandung: Yrama Media.

Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

Sagala, Syaiful. (2003). Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta. Bandung.

Sardiman, A.M. (2004). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Soemanto, Wasty. (1998). Psikologi pendidikan (landasan kerja pemimpin pendidikan). Jakarta: Rineka Cipta.

UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wicaksono, Andri. (2019). Mencari Karakter Pendidik Yang Ideal Bagi Indonesia (Dalam Cerita dan Realita dari Masa ke Masa). Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1, 109-118.

Winanto, Adi & Makahube, Darma. (2016). Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SD Negeri Kutowinangun 11 - Salatiga. Scholaria, Vol. 6 No. 2, Mei 2016: 119 - 138

Winkel, Ws. 1984. Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Gramedia.

Risnawati (2018) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tarowang Kabupaten Jeneponto. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Published

2022-04-14

How to Cite

Nildawati, N. (2022). Pendekatan Inquiri untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas VI SDN 2 Natar Lampung Selatan. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 15(1), 195–210. Retrieved from https://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/lentera/article/view/598

Issue

Section

Articles