PENGARUH PROGRAM LITERASI, PERAN GURU DAN FASILITAS PERPUSTAKAAN TERHADAP MINAT BACA SISWA DENGAN KEINGINTAHUAN SISWA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Authors

  • Afita Nurhandasah Universitas Negeri Semarang
  • Hengky Pramusinto Universitas Negeri Semarang
  • Wisudani Rahmaningtyas

Keywords:

program keaksaraan, peran guru dan fasilitas perpustakaan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh positif dan signifikan orientasi pencapaian tujuan, lingkungan keluarga dan fasilitas sekolah terhadap motivasi berprestasi siswa kelas X di SMKN 1 Kudus secara simultan atau parsial. Populasi penelitian ini adalah Kelas X di SMKN 1 Kudus dan penelitian ini adalah populasi dengan 137 responden. Desain penelitian pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan pengumpulan datanya menggunakan kuesioner. Metode analisis data adalah analisis deskriptif, regresi linier dan uji hipotesis. Hasil yang diperoleh dari analisis regresi berganda dalam penelitian ini adalah Y = 4,935 + 0,332 (X1) + 0,306 (X2) + 0,311 (X3) + e. Ada pengaruh secara simultan sebesar 51,9%, sedangkan secara parsial orientasi pencapaian tujuan berpengaruh positif dan signifikan sebesar 10,6%, lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan sebesar 14,5%, dan fasilitas sekolah memiliki pengaruh positif dan signifikan sebesar 8,5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengaruh orientasi pencapaian tujuan, lingkungan keluarga dan fasilitas sekolah terhadap motivasi berprestasi siswa siswa X di SMKN 1 Kudus secara simultan dan parsial.

Published

2019-06-30

How to Cite

Nurhandasah, A. ., Pramusinto, H. ., & Rahmaningtyas, W. . (2019). PENGARUH PROGRAM LITERASI, PERAN GURU DAN FASILITAS PERPUSTAKAAN TERHADAP MINAT BACA SISWA DENGAN KEINGINTAHUAN SISWA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. JURNAL ELASTISITAS: Kajian Pendidikan Ekonomi, Ilmu Ekonomi, Dan Kewirausahaan, 1(1), 31–44. Retrieved from https://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/elastisitas/article/view/739

Issue

Section

Articles