ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA NOVEL HANTU BELANG PENUNGGU MAKAM TAK BERTUAN KARYA ERNA ERDHIYA SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Sri Suharti Universitas Bina Sarana Informatika

Keywords:

Value, Character Education, Novel

Abstract

This study aims to obtain a description of the values ​​of character education in Erna Erdhiya's novel Hantu Belang Penunggu Makam Tak Bertuan. This research is a qualitative research using descriptive method. Data collection techniques in this study consist of; reading carefully and repeatedly, identifying, recording / coding, checking or selecting, and entering data. Data analysis in this study includes interpretation, data analysis, and data conclusion in accordance with the research objectives. The results of this research are the character education values ​​contained in Erna Erdhiya's novel Hantu Belang Penunggu Makam Tak Bertuan are namely religious, honest, discipline, tolerant, creative, curiosity, hard work, love to read, friendly, and responsible.

References

Affandy, Ali Nuke. 2019. “Tantangan Pembelajaran Sastra Anak di Zaman Global.” In Prosiding Seminar Kanak-Kanak dan Remaja ke-8, 1–22. Kuala Lumpur: Universiti Putra Malaysia.

Erdhiya, Erna. 2020. Hantu Belang : Penunggu Makam Tak Bertuan. Depok: KataDepan.

Fajriati, Tanzilia Nur, dan Yunus Abidin. 2018. “Representasi Nilai-Nilai Budaya NTT Dalam Novel Anak Mata Di Tanah Melus Karya Okky Madasari.” In Seminar Internasional Riksa Bahasa XII : Peranan Bahasa Indonesia sebagai Literasi Peradaban, 709–808. Bandung: Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia SPs Universitas Pendidikan Indonesia.

Farahiba, Ayyu Subhi. 2017. “Eksistensi Sastra Anak dalam Pembentukan Karakter pada Tingkat Pendidikan Dasar.” Waskita: Jurnal Pendidikan Nilai dan Pembangunan Karakter 1 (1): 47–60.

Kesuma, Dharma, Cepi Triatna, dan H. Johar Permana. 2013. Pendidikan Karakter Kajian Teori Dan Praktik Di Sekolah. 1 ed. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Megawangi, Ratna. 2004. Pendidikan Karakter: Solusi yang Tepat untuk Membangun Bangsa. Jakarta: Indonesia Heritage Foundation.

Mulyasa, H.E. 2012. Manajemen Pendidikan Karakter. Diedit oleh Dewi Ispurwanti. Jakarta: Bumi Aksara.

Noviyeni, Henny, dkk. 2015. Peningkatan Pendidikankarakter Religius Melalui Sikap Berdoa pada Anak Usia 5 –6 Tahun. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. Volume 4 No.1 : 7-8

Ratna, Nyoman Khuta. 2011. Teori, Metode, Dan teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Reffiane, Fine, dkk. 2015. Identifikasi Tingkat Kejujuran Siswa Sekolah Dasar Melalui Gerobak Kejujuran Di Kota Semarang.

Siswanto, Wahyudi. 2008. Pengantar Teori Sastra. 1 ed. Jakarta: Grasindo.

Sugiarti. 2013. “Kajian Sastra Anak “Kecil-Kecil Punya Karya The Evergreen “ Karya Nisrina Hanifah Dalam Perspektif Pendidikan Karakter.” Jurnal Humanity 8 (2): 94–105.

Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. 1 ed. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tantri, Ade Asih Susiari. 2017. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Tantri (Perempuan Yang Bercerita) Karya Cok Sawitri Sebagai Alternatif Pembelajaran Sastra Di Sekolah Dasar. The 1st Education and Language International Conference Proceedings Center for International Language Development of Unissula.

Taylor, Steven J., Robert Bogdan, dan Marjorie L. DeVault. 2016. Introduction to Qualitative Research Methods : A Guidebook and Resource. 4th ed. New Jersey: John Wiley & Sons.

Thohir, M. 2016. UpayaPeningkatan Disiplin Ibadah Melalui Pembiasaan Salat di Masjid pada Siswa di SDIT Darul-Fikri Kecamatan Arga Makmur Kabupaten Bengkulu Utara. Jurnal Al-Bahtsu:Vol.1,No.2.

Wuryandani,Wuri, dkk. 2014. Pendidikan Karakter Disiplin Di Sekolah Dasar. Cakrawala Pendidikan, Th. XXXIII, No. 2

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter : Konsepsi dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. 1 ed. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Zuriah, Nurul. 2011. Pendidikan Moral dan Budi Pekerti Dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: Bumi Aksara.

Published

2020-12-01

How to Cite

Suharti, S. . (2020). ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA NOVEL HANTU BELANG PENUNGGU MAKAM TAK BERTUAN KARYA ERNA ERDHIYA SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. Ksatra: Jurnal Kajian Bahasa Dan Sastra, 2(2), 103–118. Retrieved from https://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/ksatra/article/view/414

Issue

Section

Articles