Pengembangan Media Crossword Puzzle pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Tsabita Alya Rahmaninda STKIP PGRI BL
  • Andri Wicaksono STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Ambyah Harjanto STKIP PGRI Bandar Lampung

DOI:

https://doi.org/10.52217/pedagogia.v6i1.1408

Keywords:

development, learning media, crossword puzzle, intrinsic elements

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya ketersediaan dan penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar serta kesulitan siswa untuk memahami materi unsur intrinsik dalam cerita. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa media pembelajaran berupa Crossword Puzzle yang akan diterapkan pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia materi unsur intrinsik dalam cerita. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analisis, Perancangan, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi). Beberapa Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan tes. Hasil validasi yang didapat dari validasi ahli materi memperoleh nilai rata-rata 97,5%, validasi ahli bahasa 87,5%, dan validasi ahli media 88,6% dengan ketiganya masuk dalam interpretasi “Sangat Layak” untuk diuji cobakan dilapangan. Selanjutnya hasil dari respon guru memperoleh nilai rata-rata hingga 100% dan respon siswa 94,8% yang masuk dalam kategori “Sangat Menarik” sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 4. Pengembangan media Crossword Puzzle yang diimplementasikan di kelas 4C SD Negeri 1 Pinang Jaya dinyatakan efektif dilihat dari rata-rata presentase ketuntasan evaluasi siswa yang mencapai 100% dengan nilai rata-rata siswa mencapai 83,3

References

Cahyani. (2009). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Menteri Pendidikan, K. R. (2022). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2022 Tentang Standar Isi Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah. Indonesia.

Ratna, N. (2007). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sadiman, A. dkk. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Silberman, Mel. (2013). Pembelajaran Aktif 101 Strategi Untuk Mengajar Secara Aktif.Jakarta : Permata Puri Media.

Wicaksono, A. (2022). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta : Garudhawaca

Published

2024-06-14

How to Cite

Rahmaninda, T. A., Wicaksono, A., & Harjanto, A. . (2024). Pengembangan Media Crossword Puzzle pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Kelas IV Sekolah Dasar. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.52217/pedagogia.v6i1.1408

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)