PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIRSQUARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH KELAS X OTOMATISASI DAN TATA KELOLA PERKANTORAN (OTKP) SMK TRISAKTI JAYA BANDAR LAMPUNG

Authors

  • Ozi Hendratama STKIP PGRI BANDAR LAMPUNG
  • WawatSuryati Stkip Pgri Bandar Lampung

Keywords:

Model Pembelajaran, Kooperatif Tipe Think Pair Square, Hasil Belajar Sejarah

Abstract

Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah 1) hasil belajar belum maksimal, 2) aktivitas siswa yang dirasa belum maksimal, 3) siswa lebih dominan mencari jawaban berdasarkan satu sumber saja tanpa membandingkan dengan sumber-sumber lainnya. Untuk meningkatkan hasil belajar yang baik, guru harus dapat memilih dan menerapkan sebuah model pembelajaran salah satunya kooperatif tipe think pair square.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar sejarah menggunakan model pembelajaran kooperatif ipe think pair square pada siswa kelas X OTKP semester ganjil SMK Trisakti Jaya Bandar Lampung . Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X OTKP SMK Trisakti Jaya Bandar Lampung yang berjumlah 26 siswa. Penelitian tindakan dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan yang terdiri dari empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, tes tertulis dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Aktivitas guru dalam penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square selama siklus I dan siklus II mengalami peningkatan dimana pada siklus I mencapai 74,00% dan pada siklus II mencapai 98,00%. (2) Aktivitas siswa dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair square selama siklus I dan siklus II mengalami peningkatan dimana pada siklus I mencapai 74,00% dan pada siklus II mencapai 82,00%.(3) hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe think pair squaremengalami peningkatan yang sangat baik. Pada pra siklus memperoleh persentase ketuntasan belajar sebesar 7,69%, kemudian meningkat pada siklus I dengan memperoleh persentase ketuntasan belajar sebesar 23,76% dan pada siklus II memperoleh persentase ketuntasan belajar sebesar 80,76%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model kooperatif tipe think pair squaredapat meningkatkan hasil belajar sejarah siswa kelas X OTKP SMK Trisakti Jaya Bandar Lampung tahun pelajaran 2022/2023.
Kata Kunci : Model Pembelajaran, Kooperatif Tipe Think Pair Square, Hasil Belajar Sejarah

References

Aisah, S., dkk. (2013). Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think Pair Square Berbantuan Kartu Soal Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas VII B SMP Negeri 5 Purworejo. Jurnal berkala pendidikan fisika 3 (1). Hlm 16-18.Diakses dari http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/464, diunduh pada 10 Desember 2021.

Aisyah, S., (2021). Model Jiksaw Berbantu Kartu Soal Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI. Jurnal Of Primanry And Children’s Education. Diakses dari http://jurnal.unw.ac.id/index.php/janacitta/article/view/916, diunduh pada 25 Desember 2021

Anwar, Ugi, L. E. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square Pada Materi Ruang Dimensi Tiga Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Baubau. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika. Diakses dari https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jp3m/article/view/Anw31, diunduh pada 25 Desember 2021.

Badriah B (2019). Peningkatan hasil belajar IPS Melalui Model Kooperatif Teknik Mencari Pasangan Kartu Soal Siswa Kelas V SD. Diakses dari https://journal.unha.ac.id/index.php/jemari/article/view/40, diunduh pada Maret 1 2022.

Fuadi, N. H. (2020). Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Minat Belajar Siswa SMA N 1 Gondang Bojonegoro. Jurnal pendidikan madrasah.diakses darihttp://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/JPM/index, diunduh pada 13 Desember 2021 .

Kurniawan Sigit, B. (2016). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair square berbantu media kartu soal untuk meningkatkan minat dan kreativitas belajar sejarah siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri Boyolali. JurnalUNS ( Sebelas Maret University).diakses dari https://digilib.uns.ac.id/dokumen/fakultas/7/Fak/655, diunduh pada 20 Desember 2021.

Karlina, ina. (2009). Penerapan Kooperatif (Cooperatif Learning). Diakses dari https: //journal. iainkudus.ac.id/index.php/jmtk/article/view/6340, diunduh pada 5 Januari 2022

Musadad, A, a. (2011). Peningkatan Kreativitas Dan Hasil Belajar Sejarah Indonesia Kuno Melalui Optimalisasi Model Pemecahan Masalah Kreatif Dalam Proses Belajar Mengajar Diprodi Sejarah Uns (Sebelas Maret University)Jurnal pendidkan dan kebudayaan. Diakses dari https://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/3, diunduh pada 23 Desember

Mahnun, Nunu. (2012). Media Pembelajaran. Jurnal pemikiran islam: vol.37. diakses dari http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Anida/article/view/310, diunduh pada 5 Januari 2022.

Halim, A, Dkk (2019). Penggunaan metode diskusi dengan kartu soal dalam meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa pada mata pelajaran Fikih MA AL Iklas, kota jambi. Diakses dari http://repository.uinjambi.ac.id/1941/, diunduh pada 1 Maret 2022

Nurhasanah, S., Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal pendidikan manajemen perkantoran. Diakses dari https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/3264, diunduh pada 23 Desember 2021.

Rohani. (2017). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Media Bahan Bekas. Jurnal Uin Sumatra Utara. Diakses dari http: //jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah/article/view/181,diunduh pada 23 Desember 2O21.

Usmani Husaini, Purnomo Setiady Akbar. (2017). Metodelogi Penelitian Sosial. Pt Bumi Aksara. Jakarta. Diakses 5 Januari 2022

Wisnu,A.A.G.A., Sulastri, M., Wibawa, I, M , C.( 2016). Penerapan Model Talking Stick Berbantuan Kartu Soal Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Ipa. Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Diakses pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/6995, diunduh pada 26 Desember 2021.

Widyanti, Ani. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Vol 6. Diakses pada https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/view/1793, diunduh pada 25 januari 2022.

Zurika Fitrianingsih (2017) Korelasi Motivasi Belajar Dan Kreativitas Terhadap Hasil Beljar Seni Budaya Dan Keterampilan Siswa Kelas V Sdn Gugus Mina Indah Kecamatan Wedung Demak. Semarang: Unvirsitas Negri Semarang.

Setyawan D. (2015). Pengertian Pembelajaran Sejarah Indonesia.

Lie Anita (2008) Coperatif learning. PT Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta.

Downloads

Published

2023-01-29 — Updated on 2023-02-09

Versions

How to Cite

Hendratama, O., & WawatSuryati. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIRSQUARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH KELAS X OTOMATISASI DAN TATA KELOLA PERKANTORAN (OTKP) SMK TRISAKTI JAYA BANDAR LAMPUNG. Storia: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Humaniora, 3(2), 100–111. Retrieved from https://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/storia/article/view/1038 (Original work published January 29, 2023)

Issue

Section

Articles