PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEA (MEANS-ENDS ANALYSIS) TERHADAP HASIL EKONOMI SISWA
Keywords:
Model Pembelajaran MEA, Hasil belajar EkonomiAbstract
Masalah pada pelajaran Ekonomi yang penulis temui di SMK Muhammadiyah 2 Bandar Lampung yaitu masih banyak siswa yang hasil belajarnya pada pelajaran Ekonomi belum maksimal dan belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM 70). Salah satu faktor penyebab kurang berhasilnya pembelajaran Ekonomi di SMK Muhammadiyah 2 Bandar Lampung dikarenakan keaktifan siswa dalam menerima materi pelajaran kurang baik karena siswa hanya duduk diam, mencatat dan hanya sebagian besar siswa yang memperhatikan guru menerangkan. Faktor utama masalah tersebut saat masih belum diketahui secara pasti, namun dari asumsi sementara metode pembelajaran yang digunakan guru diketahui kurang meningkatkan minat siswa dalam belajar dan cenderung kurang efektif. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran MEA (Means-Ends Analysis) terhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas X semester ganjil SMK Muhammadiyah 2 Bandar Lampung Tahun pelajaran 2017/2018.
Penelitian ini penulis menggunakan metode Eksperiman untuk meningkatkan hasil belajar Ekonomi siswa. Populasi berjumlah 120 siswa yang terdiri dari 3 kelas. Sampel kelas X Akuntansi sebagai kelas eksperimen dan kelas X Perbankan sebagai kelas kontrol, masing-masing berjumlah 40 siswa. Sampel pada kelas eksperimen diambil menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Untuk menguji hipotesis di atas penulis akan menggunakan rumus ttest.
Hasil perhitungan hasil thit 7,46 > tdaf 2,00 dengan taraf signifikan 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa hasil pengujian cukup berarti dan dapat menerima dugaan sementara bahwa dengan menggunakan model pembelajaran MEA (Means-Ends Analysis) akan berpengaruh positif terhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas X SMK Muhammadiyah 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018, rata-rata hasil belajar Ekonomi siswa dengan menggunakan model pembelajaran MEA (Means-Ends Analysis) lebih tinggi 73,4 dari rata-rata hasil belajar Ekonomi siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional yaitu 55,7, yang berarti hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran MEA (Means-Ends Analysis) lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional.