PENGARUH METODE PEMBELAJARAN LINGKARAN DALAM-LINGKARAN LUAR(INSIDE-OUTSIDE CIRCLE) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI

Authors

  • Sari Narulita
  • Vetri Yanti Zainal

Keywords:

metode pembelajaran inside-outside circle

Abstract

Penggunaan metode pembelajaran yang belum tepat digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran di kelas menjadi salah satu penyebab hasil belajar ekonomi peserta didik banyak yang tidak mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan oleh guru . Salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar pesrta didik dalam proses belajar mengajar adalah metode pembelajaran inside-outside circle. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran inside-outside circle terhadap hasil belajar ekonomi peserta didik.

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran inside-outside circle. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X.IPS yang berjumlah 58 peserta didik, dimana sampel terdiri dari kelas X.IPS 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 29 orang dan X.IPS 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 29 orang.

Setelah diadakan pengujian hipotesis pada uji kesamaan dua rata-rata dan perhitungan data hasil belajar ekonomi dengan menggunakan rumus statistik, maka di dapat thit = 6,37 dan ttab= 2,00 pada taraf signifikan 5% sehingga terbukti bahwat hit>ttab.. Dengan demikian dapat disimpulkan “Ada Pengaruh Metode Pembelajaran Lingkaran Dalam-Lingkaran Lua r(Inside-Outside Circle) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas X

Published

2019-12-31

How to Cite

Narulita, S. ., & Zainal, V. Y. . (2019). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN LINGKARAN DALAM-LINGKARAN LUAR(INSIDE-OUTSIDE CIRCLE) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI . JURNAL ELASTISITAS: Kajian Pendidikan Ekonomi, Ilmu Ekonomi, Dan Kewirausahaan, 1(2), 65–75. Retrieved from https://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/elastisitas/article/view/743

Issue

Section

Articles