PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP WIYATA BHAKTI NATAR LAMPUNG SELATAN

Authors

  • Kharisma Idola Arga STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Nurdin Hidayat STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

Model pembelajaran Course Review Horay, Hasil belajar IPS

Abstract

Permasalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Course Review Horay terhadap peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Wiyata Bhakti Natar Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Wiyata Bhakti Natar Lampung Selatan berjumlah 130 siswa, sampel  terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII A dan VIII B, dimana kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 siswa dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 32 siwa. Dari hasil uji hipotesis menggunakan rumus statistik t-tes didapat t hit = 3,10 dan tabel distribusi t pada taraf signifikan 5% diketahui tdaf adalah t (1-1/2 α) = 2,00 sehingga terbukti t hit > t daf . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa “Ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Course Review Horay  terhadap hasil belajar IPS siswa dan rata-rata hasil belajar IPS siswa yang dalam proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran Course Review Horay lebih tinggi dari pada siswa yang dalam proses pembelajaran  menggunakan model pembelajaran konvensional.

Published

2019-12-31

How to Cite

Arga, K. I. ., & Hidayat, N. . (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP WIYATA BHAKTI NATAR LAMPUNG SELATAN . JURNAL ELASTISITAS: Kajian Pendidikan Ekonomi, Ilmu Ekonomi, Dan Kewirausahaan, 1(2), 76–80. Retrieved from https://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/elastisitas/article/view/747

Issue

Section

Articles