PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP WIYATA BHAKTI NATAR LAMPUNG SELATAN
Keywords:
Model pembelajaran Course Review Horay, Hasil belajar IPSAbstract
Permasalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Course Review Horay terhadap peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Wiyata Bhakti Natar Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Wiyata Bhakti Natar Lampung Selatan berjumlah 130 siswa, sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII A dan VIII B, dimana kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 siswa dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 32 siwa. Dari hasil uji hipotesis menggunakan rumus statistik t-tes didapat t hit = 3,10 dan tabel distribusi t pada taraf signifikan 5% diketahui tdaf adalah t (1-1/2 α) = 2,00 sehingga terbukti t hit > t daf . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa “Ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Course Review Horay terhadap hasil belajar IPS siswa dan rata-rata hasil belajar IPS siswa yang dalam proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran Course Review Horay lebih tinggi dari pada siswa yang dalam proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran konvensional.