PENGARUH PENERAPAN MODEL TREFFINGER TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XII JURUSAN AKUNTANSI DI SMK YADIKA NATAR 2019

Authors

  • Nur Fitria STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Vetri Yanti Zainal STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

Model pembelajaran Treffinger, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan yaitu rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akuntansi. Rendahnya hasil belajar disebabkan berbagai faktor salah satunya guru masih menggunakan metode yang kurang bervariasi sehingga menyebabkan pembelajaran menjadi pasif dan kurangnya minat belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode ekperimen, yaitu implementasi pembelajaran treffinger. Pemgujian  hipotesis menggunakan rumus statistik t test untuk mengetahui nilai t hit 4,30 dan t tabel 2,00 pada tingkat signifikan 5% sehingga hipotesis terbukti. Dengan demikian, dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran treffinger terhadap hasil belajar peserta didik kelas XII jurusan Akuntansi tahun 2019. Dilihat dari nilai rata-rata siswa, kelas eksperimen 84,56 dan keals kontrol memiliki rata rata nilai 72,40. Jadi, rata rata hasil belajar ekonomi siswa dengan menggunakan model pembelajaran Treffinger lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan menggunakan metode konvensional.

Published

2022-07-12

How to Cite

Fitria, N., & Zainal, V. Y. (2022). PENGARUH PENERAPAN MODEL TREFFINGER TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XII JURUSAN AKUNTANSI DI SMK YADIKA NATAR 2019. JURNAL ELASTISITAS: Kajian Pendidikan Ekonomi, Ilmu Ekonomi, Dan Kewirausahaan, 1(2), 99–105. Retrieved from https://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/elastisitas/article/view/753

Issue

Section

Articles