UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD

Authors

  • Windi Ariyani STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Buang Saryantono STKIP PGRI Bandar Lampung
  • M Idham STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

Model STAD, Hasil Belajar.

Abstract

Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran ekonomi kelas XI IPS 1 SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung yaitu hanya 6 siswa (20,69%) dari 29 siswa yang mampu mencapai KKM. Dimana nilai KKM yang ditetapkan SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung adalah 78. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran ekonomi dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD (student team achievement devision). Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan 2 siklus. Setiap siklus nya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data yang digunakan yakni tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa yakni untuk aktivitas belajar siswa pada siklus 1 sebesar 6,55% dan pada siklus 2 sebesar 9,83%. Kemudian untuk hasil belajar siswa pada siklus pertama nilai tertinggi 85 dan nilai terendah 45 dengan mencapai ketuntasan sebesar 48,28% dari seluruh jumlah siswa. Pada siklus kedua nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 65 dengan mencapai ketuntasan sebesar 82,76% dari seluruh jumlah siswa. Peningkatan ketuntasan hasil belajar pada siklus 1 ke siklus 2 sebesar 34,48%.

Published

2022-07-12

How to Cite

Ariyani, W. ., Saryantono, B. ., & Idham, M. (2022). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD. JURNAL ELASTISITAS: Kajian Pendidikan Ekonomi, Ilmu Ekonomi, Dan Kewirausahaan, 1(2), 106–112. Retrieved from https://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/elastisitas/article/view/754

Issue

Section

Articles