PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK

Authors

  • Kadek Eka Suryani STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Supriyono Supriyono STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Nurdin Hidayat STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

Talking Stick, model pembelajar, Hasil Belajar

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini, apakah ada Pengaruh  Model Pembelajaran Talking Stick  terhadap Hasil Belajar  Ekonomi Pada Peserta Didik  Kelas X Semester  Genap SMK  Negeri 8 Bandar Lampung  Tahun Pelajaran 2018/2019. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar ekonomi pada peserta didik kelas X semester genap SMK Negeri 8 Bandar Lampung tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dimana metode penelitian yang mengharuskan penulis melakukan praktik mengajar secara langsung pada subjek yang diteliti dengan menggunakan model pembelajaran talking stick. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMK Negeri 8 Bandar Lampung yang berjumlah 98 peserta didik dimana sampel terdiri dari 2 kelas yaitu X Akuntansi sebagai kelas Eksperimen yang berjumlah 34 orang dan X Perbankan Syariah sebagai kelas kontrol yang berjumlah 32.Setelah diadakan pengujian hipotesis pada uji kesamaan dua rata – rata dan perhitungan data hasil belajar ekonomi dengan menggunakan rumus statistik, maka didapat thit = 3,52 dan ttab = 2,00 pada taraf signifikan 5%. Ini berarti ada pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar ekonomi pada peserta didik kelas X semester genap SMK Negeri 8 Bandar Lampung tahun pelajaran 2018/2019

Published

2022-07-12

How to Cite

Suryani, K. E. ., Supriyono, S., & Hidayat, N. . (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK . JURNAL ELASTISITAS: Kajian Pendidikan Ekonomi, Ilmu Ekonomi, Dan Kewirausahaan, 2(1), 6–14. Retrieved from https://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/elastisitas/article/view/757