PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK

Authors

  • Enik Nur Hidayati STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Wawat Suryati STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Vetri Yanti Zainal STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

Cooperative Script, Model Pembelajaran, Hasil Belajar

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah guru menyampaikan materi melalui motode ceramah yang berpusat pada guru dan memberikan latihan atau tugas yang cenderung membosankan sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar ekonomi. Penelitian ini akan menerapkan model pembelajaran Cooperative Script yang bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode eksperimen. Sampel yang diambil dalam penelitian ini dua kelas yaitu kelas Perbankan Syariah dan kelas Akuntansi. Teknik pokok yang digunakan sebagai instrumen penelitian berupa tes pilihan jamak sebanyak 40 soal. Teknik analisis data menggunakan Dependent sample t-test dan Independent sample t-test. Setelah diadakan pengujian hipotesis pada uji kesamaan dua rata-rata dan perhitungan data hasil ekonomi dengan menggunakan rumus statistik, maka didapat  = 3,51 dan  = 2,00 pada taraf signifikan 5%. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Script  ada pengaruh dan secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas perbankan syariah SMK Negeri 8 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2018/2019.

Published

2022-07-12

How to Cite

Hidayati, E. N. ., Suryati, W. ., & Zainal, V. Y. . (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK. JURNAL ELASTISITAS: Kajian Pendidikan Ekonomi, Ilmu Ekonomi, Dan Kewirausahaan, 2(1), 15–23. Retrieved from https://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/elastisitas/article/view/759