PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SIMULASI TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER GENAP SMA GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Authors

  • Dwi Andini STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Muhammad Rb STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Meladi Meladi STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

Pembelajaran Simulasi, Hasil Belajar

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini dilihat dari identifikasi masalah adalah hasil belajar ekonomi siswa masih rendah, kurangnya minat dan motivasi siswa dalam pelajaran ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Simulasi terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran Ekonomi. Peneliti menggunakan metode eksperimen adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Gajah Mada Bandar Lampung, sampel terdiri dari dua kelas yaitu X1 dan X2, dimana kelas X1 sebagai kelas Eksperimen menggunakan model pembelajaran Simulasi yang berjumlah 36 peserta didik dan kelas X2 sebagai kelas kontrol menggunakan metode konvensional berupa ceramah dengan jumlah peserta didik 36. Instrumen yang digunakan berbentuk tes berupa pilihan jamak.  Hasil Pengujian hipotesis yang telah dilakukan didapat ttes= 4,70 dan dari tabel distribusi t pada taraf segnifikan 5% diketahui ttab  t(1-0,5 a ) =2,00 sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran Simulasi berpengaruh positif terhadap hasil belajar ekonomi siswa dibandingkan dengan model pembelajaran Konvensional.

Published

2022-07-12

How to Cite

Andini, D. . ., Rb, M. ., & Meladi, M. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SIMULASI TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER GENAP SMA GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. JURNAL ELASTISITAS: Kajian Pendidikan Ekonomi, Ilmu Ekonomi, Dan Kewirausahaan, 2(1), 24–37. Retrieved from https://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/elastisitas/article/view/760