PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK KELAS XI

Authors

  • Intan Oktavia STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Wayan Satria Jaya STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Kharisma Idola Arga STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

Model Pembelajaran, Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition, Hasil Belajar

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) rendahnya hasil belajar siswa, 2) kurangnya keaktifan siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar, 3) serta belum pernah diterapkannya model pembelajaran CIRC di kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap hasil belajar ekonomi peserta didik kelas XI semester genap SMA Negeri 1 Gedongtataan tahun pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI.IPS SMA Negeri 1 Gedongtataan berjumlah 94 siswa, sampel  terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPS 2 dan XI IPS 3, dimana kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 33 siswa dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 33 siwa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes pilihan ganda dan  pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan rumus ttes. Pengujian hipotesis menggunakan rumus statistik t-tes didapat t hit = 6,22 dan tabel distribusi t pada taraf signifikan 5% diketahui tdaf adalah t (1-1/2 α) = 2,00 sehingga terbukti thit > t daf . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa “ada pengaruh penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap hasil belajar ekonomi peserta didik kelas XI semester genap SMA Negeri 1 Gedongtataan tahun pelajaran 2018/2019”

Published

2022-07-12

How to Cite

Oktavia, I. ., Jaya, W. S. ., & Arga, K. I. . (2022). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK KELAS XI . JURNAL ELASTISITAS: Kajian Pendidikan Ekonomi, Ilmu Ekonomi, Dan Kewirausahaan, 2(1), 38–46. Retrieved from https://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/elastisitas/article/view/761