PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK KELAS XI IPS SMAN 10 BANDAR LAMPUNG
Keywords:
Media Power Point, Hasil BelajarAbstract
Hasil belajar merupakan tujuan utama dalam proses pembelajaran, hasil belajar yang rendah maupun yang tinggi dapat disebabkan dari berbagai faktor seperti cara penyampaian materi dari guru kepada siswa, metode pembelajaran, kesiapan siswa dalam menerima pelajaran dan media atau alat yang digunakan guru sebagai perantara untuk menyampaikan materi. Media merupakan alat bantu yang dapat mempermudah guru untuk menyampaikan materi kepada siswa dengan media siswa tidak akan mudah bosan untuk mengikuti proses pembelajaran. Maka dari itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media power point terhadap hasil belajar ekonomi peserta didik kelas XI IPS Semester Genap SMA Negeri 10 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dimana ada dua kelas yang akan di uji kelas eksperimen yaitu kelas XI IPS 2 dan kelas kontrol yaitu kelas XI IPS 1. Dimana di kelas eksperimen peneliti mengguanakn media power point untuk menyampaikan materi dan di kelas kontrol mengunakan model pembelajaran konvensional. Pengukuran data yang dilakukan dengan menggunakan tes berbentuk pilihan ganda berjumlah 40 soal. Pengujian hipotesis mengunakan rumus thit untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh media power point terhadap hasil belajar. Hasil pengujian hipotesis dengan mengunakan thit di dapat thit = 8,82 dan dari tabel distribusi pada taraf 5% di dapat tdaf = 2,00 hal ini menunjukan bahwa thit > thit sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pemanfaatan media power point terhadap hasil belajar ekonomi peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 10 Bandar Lampung.