PENGARUH METODE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI

Authors

  • Vetri Yanti Zainal STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

metode Think Pair Share (TPS)

Abstract

Permasalahan utama dalam penelitian ini ialah rendahnya hasil belajar tersebut dikarenakan beberapa faktor diantaranya siswa kurang terlibat aktif dalam pembelajaran Ekonomi yang membutuhkan proses pemahaman pelajaran lebih baik. Namun metode belajar yang diterapkan oleh guru masih kurang meningkatkan hasil belajar Ekonomi peserta didik. Tujuan penelitian untuk mengetahui dan mendeskripsikan apakah ada pengaruh metode Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar ekonomi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X.IPS yang berjumlah 80 peserta didik, dimana sampel terdiri dari kelas X.IPS 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 40 orang dan X.IPS 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 40 orang. Berdasarkan pengujian hipotesis dan hasil analisis data yang telah dilakukan, penulis dapat menyimpulkan bahwa :Hasil perhitungan thit  = 4,04 > tdaf = 2,00 maka disimpulkan ada pengaruh metode Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar ekonomi. Rata-rata hasil belajar di kelas eksperimen yang diajar menggunakan metode Think Pair Share (TPS) lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol.

Published

2020-12-31

How to Cite

Zainal, V. Y. (2020). PENGARUH METODE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI. JURNAL ELASTISITAS: Kajian Pendidikan Ekonomi, Ilmu Ekonomi, Dan Kewirausahaan, 2(2), 66–74. Retrieved from https://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/elastisitas/article/view/764