UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN GROUP RESUME

Authors

  • Isnaini Husna STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Nurdin Hidayat STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

Strategi Pembelajaran Group Resume, Hasil Belajar

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah: (1) hasil belajar ekonomi peserta didik kelas XI.IPS 4 masih rendah, (2) kurangnya bervariasinya strategi pembelajaran yang digunakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ekonomi peserta didik kelas XI.IPS 4 menggunakan strategi pembelajaran group resume pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 14 Bandar Lampung tahun pelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua tahapan siklus yang dalam penerapannya menggunakan strategi pembelajaran group resume. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI.IPS 4 SMA Negeri 14 Bandar Lampung yang berjumlah 34 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes menggunakan lembar soal yang berjumlah 40 dan lembar observasi. Teknik analisis data dilakukan untuk melakukan analisis data aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan persentase aktivitas belajar peserta didik mengalami peningkatan dari 58,72% pada siklus I menjadi 78,50% pada sikus II. Persentase hasil belajar peserta didik juga mengalami peningkatan dari 67,65% pada siklus I dan 85,29% pada siklus II. Jadi dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran group resume dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ekonomi peserta didik kelas XI.IPS 4 SMA Negeri 14 Bandar Lampung tahun pelajaran 2019/2020

Published

2022-07-12

How to Cite

Husna, I., & Hidayat, N. (2022). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN GROUP RESUME. JURNAL ELASTISITAS: Kajian Pendidikan Ekonomi, Ilmu Ekonomi, Dan Kewirausahaan, 2(2), 86–91. Retrieved from https://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/elastisitas/article/view/766