PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR SECARA DARING TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SEMESTER GANJIL DI SMAN 1 TRIMURJO LAMPUNG TENGAH TAHUN 2020

Authors

  • Nur Fitria STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Rika Aprilia SDN 2 Pinang Jaya
  • Dwi Rahayu SMAN 1 Trimurjo

Keywords:

siklus belajar, hasil belajar, daring

Abstract

Permasalahan yang terjadi dilapangan dapat diidentifikasikan yaitu sebagai berikut: Hasil belajar siswa SMA kelas XI mata pelajaran Ekonomi masih rendah, penerapan model pembelajaran siklus belajar secara daring belum pernah digunakan dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Siklus Belajar secara daring terhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas XI semester ganjil di SMAN 1 Trimurjo tahun 2020. Dalam  penelitian ini penulis menggunakan metode eksperimen. Analisis data menggunakan rumus statistik. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Trimurjo yang terdiri dari 13 kelas dengan jumlah 466 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes pilihan jamak. Analisis data menggunakan analisis statistik sederhana dengan rumus ttes. Berdasarkan hasil perhitungan pengujian hipotesis yang telah dilakukan penulis, diperoleh thit = 4,58 dan dari tabel distribusi pada taraf 5% diperoleh ttab = 2,00 dan sehingga terbukti bahwa thit>tdaf. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa “ada pengaruh model pembelajaran Siklus Belajar secara Daring terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI semester ganjil SMAN 1 Trimurjo tahun 2020”.

Published

2022-07-12

How to Cite

Fitria, N., Aprilia, R., & Rahayu, D. . (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR SECARA DARING TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SEMESTER GANJIL DI SMAN 1 TRIMURJO LAMPUNG TENGAH TAHUN 2020. JURNAL ELASTISITAS: Kajian Pendidikan Ekonomi, Ilmu Ekonomi, Dan Kewirausahaan, 2(2), 101–106. Retrieved from https://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/elastisitas/article/view/768